Berita Sungailiat

80 Unit Rumah di Kabupaten Bangka dapat Bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni

Sebanyak 80 unit rumah masyarakat kurang mampu akan dilakukan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-Rutilahu)

80 Unit Rumah di Kabupaten Bangka dapat Bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Dinsos, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemkab Bangka, Arman Agus. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Sebanyak 80 unit rumah masyarakat kurang mampu akan dilakukan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-Rutilahu) di Kabupaten Bangka.

Kepala Dinsos, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemkab Bangka, Arman Agus, mengatakan, bantuan tersebut sebesar Rp 15 juta untuk tiap satu unit rumah dari APBN dan Rp 4 juta dari APBD untuk upah tukang bangunan.

"Kita menerima bantuan dari APBN Kementerian Sosial dapat 80 unit rumah, dengan besaran satu unit rumah Rp 15 juta untuk rehap, bagi masyarakat penerima manfaat, yang tercantum di base data terpadu, dibagikan untuk penerima bantuan pangan non tunai dan Program Keluarga Harapan (PKH)," ungkap Arman Agus kepada Bangkapos. co, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, bantuan tersebut langsung ditransfer ke rekening warga yang menerima bantuan, dan bisa langsung dimanfaatkan untuk melakukan rehap rumah tidak layak huni.

"Dari ke rekening kepada masyarakat untuk rehab, melalui bank negara BNI ke rekening penerima manfaat untuk mereka membeli bahan bangunan rehab rumah. Untuk biaya upah tukang dana rehab dikeluarkan dari APBD sebesar Rp 4 juta," jelasnya.

Ia mengharapkan, bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama yang tidak memiliki rumah layak huni, agar bisa direhap terutama bagian tempat tidur dna kamar mandi.

"Khusus rumah hanya dana Rp 15 juta, namun ini sifatnya gotong royong, masyarakat yang peduli bisa bersama sama membantu pembangunan rumah warga terutama untuk pembangunan kamar mandi dan tempat tidur," kata Arman. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved