Bangka Belitung Dapat Jatah 25.000 Fuelcard BRI

Pimpinan BRI Cabang Pangkalpinang, Yerri Chandra mengatakan pemberlakuan pembelian solar subsidi di SPBU-SPBU Kota Pangkalpinang

Bangka Belitung Dapat Jatah 25.000 Fuelcard BRI
bangkapos.com/edwardi
Pimpinan BRI Cabang Pangkalpinang, Yerri Chandra 

Bangka Belitung Dapat Jatah 25.000 Fuelcard BRI

BANGKAPOS.COM -- Pimpinan BRI Cabang Pangkalpinang, Yerri Chandra mengatakan pemberlakuan pembelian solar subsidi di SPBU-SPBU Kota Pangkalpinang menggunakan kartu kendali BBM (Fuelcard) Bank BRI akan diberlakukan mulai 2 Desember 2019, sedangkan untuk kabupaten lainnya di Babel pada 9 Desember 2019.

"Fuelcard ini dari Bank BRI, sistem Fuelcard ini pertama kali diujicoba di Batam sejak 5 tahun yang lalu, saat ini kuota solar subsidi di Batam sudah jauh berkurang karena solar subsidi ini benar-benar digunakan untuk masyarakat yang berhak mendapatkannya, sehingga tidak ada lagi pengerit solar di SPBU dan antrian kendaraan jauh berkurang di Batam," kata Yerri, Rabu (27/11/2019) di kantornya.

Dijelaskannya, Fuelcard ini ada dua jenis, warna biru untuk solar dan warna kuning untuk bensin.

" Kartu Fuelcard ini bisa digunakan pada EDC di SPBU-SPBU yang ada di Bangka Belitung, cara transaksinya mudah tinggal tempel saja ke EDC, di kartu ini ada tulisan 20 liter , 30 liter dan 60 liter sesuai jenis kendaraan yang diatur dalam SK Gubernur Babel," ujar Yerri.

Dicontohkannya, kartu ini ada tulisan 20 liter, lalu dari Muntok mengisi 20 liter solar kemudian pergi ke Pangkalpinang mau mengisi lagi 20 liter, maka sistem akan membaca mobil ini sudah mengisi melebihi limitnya, sehingga tidak bisa lagi mengisi solar bersubsidi.

"Jadi kalaupun ada orang yang ingin menyalahgunakan kuota ini percuma saja karena sudah terkunci di sistemnya," jelasnya.

Bagaimana bila mobilnya memang tidak cukup untuk kuota 20 liter, maka solusinya mobil itu mengisi saja BBM solar non subsidi, tetapi untuk membayarnya bisa digunakan kartu Fuelcard ini asalkan ada saldonya.

"Fuelcard ini juga bisa digunakan untuk belanja di Indomart, Alfamart, mini market, super market, rumah makan dan lainnya yang ada EDC BRI jadi kartu ini luas kegunaannya. Ke depan kalau sudah ada kerjasama dengan Pemda bisa digunakan untuk membayar parkir dan lainnya," jelas Yerri

Ditegaskannya, kartu Fuelcard ini tidak dijual bebas, jadi memang dijatah dari kantor pusat untuk cabang-cabang yang melayani i penerapan Fuelcard ini. Untuk Bangka Belitung disediakan sebanyak 25.000 Fuelcard.

"Jadi nanti masyarakat tidak bisa beli solar tanpa menggunakan kartu ini, jadi kartu BRIZZI lainnya tidak bisa Tapung disini, yang bisa hanya kartu Fuelcard saja yang bisa membeli solar subsidi," tukasnya

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved