Berita Pangkalpinang

Biaya Sewa Rusunawa Paling Tinggi Rp 250 Ribu Per Bulan

Pemerintah Pangkalpinang sedang gencar menggaungkan Rusunawa Pangkalarang sebagai hunian yang bisa dipergunakan masyarakat berpenghasilan rendah

Biaya Sewa Rusunawa Paling Tinggi Rp 250 Ribu Per Bulan
Bangkapos/irakurniati
Kepala Disperkim Pangkalpinang, Miego 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Kota Pangkalpinang sedang gencar menggaungkan Rusunawa Pangkalarang sebagai tempat hunian yang bisa dipergunakan masyarakat berpenghasilan rendah, namun tetap mendapatkan rasa nyaman dan lingkungan fisik yang bagus.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Pangkalpinang, Miego, mengatakan, sejak dialihkan pengelolaan kepada Disperkim sejak akhir 2017 lalu, pihaknya melalukan perbaikan-perbaikan fisik Rusunawa seperti menampal atap yang bocor, penambahan air bersih, maupun penambahan listrik di setiap kamar.

"Kami ingin mengubah mindset selama ini dinilai oleh orang-orang kesannya kumuh, tinggal di sini tidak bergengsi. Tapi sekarang sudah mulai kelihatan lingkungan fisiknya berubah secara bertahap," ujar Miego, Kamis (28/11/2019).

Rusunawa terdiri dari empat blok, A, B, C dan D serta terbagi atas tiga lantai. Yang saat ini dihuni ada diblok C dan D sekitar 60 Kepala Keluarga. Miego menambah, biaya sewa sebulan untuk lantai dasar dan lantai 1 yakni Rp 250 ribu, lantai dua sebesar Rp 225 ribu dan lantai tiga Rp 175 ribu.

"Untuk syaratnya mereka yang belum memiliki rumah, sebagai warga Pangkalpinang, harus melampirkan KTP dan KK. Kalau di perumahan subsidi kan penghasilannya dibawah Rp 3 juta, di sini akan kami lihat dulu mengenai kondisi orang yang ingin menyewa tersebut," katanya.

Selain itu, pihaknya selalu mengawasi apabila unit kamar di Rusunawa disewakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Menurut Miego, penghuni yang berkelakuaan tidak baik dan membuat kericuhan juga bisa saja dikeluarkan oleh pihak pengelola.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved