BPOM Bersama Pemkab Bangka Barat Gelar Kampanye Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya

Bahan berbahaya yang sering ditemukan beredar di pasaran dan sering disalahgunakan pada pangan yaitu Boraks, Formalin, Methany Yellow dan Rhodamin B.

BPOM Bersama Pemkab  Bangka Barat Gelar Kampanye Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya
BPOM di Pangkalpinang
Balai Pengawas Obat dan Makanan di Pangkalpinang yang dipimpin oleh Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Andhika Achmad Sugiarto, S. Farm., Apt bersama Disperindag menggelar Kampanye Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Muntok (28/11/2019) 

BPOM Bersama Pemkab  Bangka Barat Gelar Kampanye Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya

Muntok (28/11/2019), Balai Pengawas Obat dan Makanan di Pangkalpinang yang dipimpin oleh Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Andhika Achmad Sugiarto, S. Farm., Apt bersama Disperindag menggelar Kampanye Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Kampanye Pasar Aman ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian konsumen dan komunitas pasar. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengawasi penyalahgunaan bahan berbahaya pada pangan agar konsumen terhindar dari pangan berbahaya, jelas Andhika.

Balai Pengawas Obat dan Makanan di Pangkalpinang yang dipimpin oleh Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Andhika Achmad Sugiarto, S. Farm., Apt bersama Disperindag menggelar Kampanye Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Muntok (28/11/2019)
Balai Pengawas Obat dan Makanan di Pangkalpinang yang dipimpin oleh Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Andhika Achmad Sugiarto, S. Farm., Apt bersama Disperindag menggelar Kampanye Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Muntok (28/11/2019) (BPOM di Pangkalpinang)

Masyarakat sangat antusias saat petugas BPOM Pangkalpinang memberikan informasi serta kiat-kiat memilih produk yang aman untuk dikonsumsi. Selain Kampanye, BPOM Pangkalpinang juga melakukan pengambilan sampel secara acak untuk dilakukan pengujian pangan yang dijual di Pasar Muntok menggunakan rapid tes kit. Bahan berbahaya yang sering ditemukan beredar di pasaran dan sering disalahgunakan pada pangan yaitu Boraks, Formalin, Methany Yellow dan Rhodamin B.

Beberapa pangan yang diuji antara lain Tahu Kuning, Mie Basah, Ikan Asin dan Bakso. Hasilnya memenuhi syarat yang artinya aman untuk dikonsumsi.

Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi berharap melalui kampanye kepada pasar yang telah mendapat intervensi pada tahun ini dapat meningkatkan pengawasan pangan khususnya menjadikan pasar aman dari bahan berbahaya juga dapat menjadi Pasar Percontohan untuk Pasar-Pasar lainnya yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Balai POM di Pangkalpinang

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved