Berita Pangkalpinang

OJK Beri Tips Peminjaman Dana di Fintech

Fintech adalah layanan jasa keuangan yang dapat diakses melalui perangkat elektronik (smartphone atau komputer)

OJK Beri Tips Peminjaman Dana di Fintech
(bangkapos.com/Cici Nasya Nita).
Kepala Bagian Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi Daerah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Lina saat memberikan tips peminjaman dana di fintech 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kepala Bagian Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi Daerah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Lina saat Media Information Sharing 2019 mengenai Market Update Kinerja Industri Jasa Keungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan tips dalam peminjamaan dana di Fintech (Financial Technology).

Fintech adalah layanan jasa keuangan yang dapat diakses melalui perangkat elektronik (smartphone atau komputer) sehingga masyarakat tidak perlu mengunjungi kantor lembaga jasa keuangan.

1. Pastikan meminjam dana di perusahan yang terdaftar atau berizin di OJK. Cek legalitas perusahan peminjaman melalui kontak OJK 157 atau di website OJK (www.ojk.go.id). Bila perusahan tersebut legal jika ada kendala bisa dilaporkan kepada OJK. Sedangkan bila perusahan tersebut tidak legal langsung dilaporkan kepada pihak kepolisian.

2. Pastikan saat meminjam dalam keadaan mendesak di fintech atau memerlukan dana cepat. Bila tidak lebih baik peminjaman di bank.

3. Saat meminjam harus poduktif bukan untuk konsumtif, gunakan untuk modal usaha misalnya. Serta pinjaman maksimal 30 persen dari penghasilan agar tidak kewalahan saat membayar cicilan pinjaman.

4. Lunasi cicilan tepat waktu kalau tidak nanti akan terjadi permintaan tagihan dengan kata-kata kasar baik via sms atau whatsApp yang dapat membuat peminjam risih.

5. Jangan lakukan gali lobang tutup lobang, maksudnya jangan membayar pinjaman dengan pinjaman yang baru sebab akan menjadi pembekakan kedepannya.

6. Ketahui bunga dan denda pinjaman, pilihkan cicilan yang paling rendah untuk meringankan beban saat membayar pinjaman dana.

7. Jaga dan batasi akses data digital pribadi saat meminjam dana di fintech biasanya ada ketentuan yang diatur oleh OJK. Akses smartphone di fintech ada tiga meliputi kamera, mikrofon dan lokasi.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved