KTH Panca Indah Lestari Desa Bukitlayang Juara I, Terima Penghargaan Gubernur Bangka Belitung

Kelompok Tani Hutan (KTH) Panca Indah Lestari Desa Bukitlayang Kecamatan Bakam Bangka dinobatkan sebagai yang terbaik.

KTH Panca Indah Lestari Desa Bukitlayang Juara I, Terima Penghargaan Gubernur Bangka Belitung
Istimewa
Tampak Kades Bukitlayang Andry dan Ketua KTH Panca Indah Lestari menerima penghargaan Gubernur Babel, Sabtu (30/11/2019). 

KTH Panca Indah Lestari Desa Bukitlayang Juara I, Terima Penghargaan Gubernur Bangka Belitung

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kelompok Tani Hutan (KTH) Panca Indah Lestari Desa Bukitlayang, Kecamatan Bakam, Bangka dinobatkan sebagai yang terbaik.

KTH ini menyabet Gelar Juara 1 Tingkat Provinsi Bangka Belitung (Babel) karena kiprahnya yang peduli pada lingkungan kehutanan. Hadiah atau penghargaan diserahkan oleh Gubernur Babel, Erzaldi R Djohan di Pantai Takari Sungailiat Bangka, Sabtu (30/11/2019).

"Kita Juara 1 tingkat propinsi kategori kelompok tani hutan (KTH). Pemberian hadiah oleh gubenur kepada KTH kita, yaitu Kelompok Tani Hutan Panca Indah Lestari," kata Kepala Desa (Kades) Bukitlayang, Andry kepada Bangka Pos, Sabtu (30/11/2019).

Dijelaskan Kades, KTH Panca Indah Lestari berdiri sejak Tahun 2015 lalu. Ketua Kelompok atas nama Susilo, Sekertaris Komarudin dan Bendahara Elkana Tarigan. Usaha kelompok pertama, menanam kayu mahoni, karet, gaharu, cempedak, durian, belangiran. Sedangkan usaha kedua pembuatan pupuk kompos.

"Kendala yang dihadapi oleh kelompok ini, kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan agar tetap lestari. Kemudian tidak adanya suport pihak ke tiga dalam hal pemasaran pupuk," kata Andry.

Kelompok juga butuh alat modern untuk menjalankan keberlangsungan pembuatan pupuk, seperti mesin pencacah dan pembuatan hak paten. Kades berharap agar masyarakat lebih menjaga dan mencintai lingkungan dan mendukung hal-hal yang bersentuhan langsung ke masyarakat.

"Semoga steakholder terkait dapat sesering mungkin melakukan sosialisasi, pembinaan, kunjungan kerja dan membantu dalam segala aspek. Kita juga berharap gubenur memberikan hak paten pembuatan kompos dan membantu dalam pemasaran," kata Andry seraya menyebut, hadiah tersebut diberikan oleh Gubernur Babel, dalam rangka Hari Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliaran Sungai (GNPDAS).

(bangkapos.com/ferylaskari).

Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved