Berita Bangka Selatan

Para Siswa Kelas Jauh Dusun Pengkalen Batu Tetap Semangat Belajar di Tengah Keterbatasan

Selain hari Sabtu, siswa tetap belajar di Kelas Jauh Dusun Pengkalen Batu yang telah tersedia di Dusun Pengkalen Batu.

Para Siswa Kelas Jauh Dusun Pengkalen Batu Tetap Semangat Belajar di Tengah Keterbatasan
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Pondok Belajar yang Baru di Dusun Pengkalen Batu 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Status daerah terpencil kini tak lagi dapat disemaikan kepada penduduk Dusun Pengkalen Batu, Desa Ranggung lantaran dulunya jika ingin berkunjung ke daerah ini, warga harus menggunakan perahu kecil. Namun kini perahu tidak lagi diperlukan.

Meskipun belum beraspal namun akses jalan terbilang cukup baik untuk mengunjungi wilayah yang hanya berisikan lebih kurang 32 rumah, didominasi oleh rumah panggung yang terbuat dari kayu dan papan.

Tak hanya itu, jika dulunya Anda ingin berkunjung ke wilayah ini dengan menggunakan perahu dan membutuhkan waktu yang panjang, kini hal itu tak lagi perlu Anda lakukan.

Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk menjelajahi jalanan yang berjarak sekitar tujuh hingga delapan kilometer jauhnya.

Kondisi Tempat Tinggal Warga di Dusun Pengkalen Batu, Bangka Selatan
Kondisi Tempat Tinggal Warga di Dusun Pengkalen Batu, Bangka Selatan (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Meskipun akses jalan sudah tersedia, aktivitas pendidikan di Dusun Pengkalen Batu ini masih dilakukan di dusun setiap harinya selain hari Sabtu dan Minggu.

Setiap Sabtu, siswa sekolah di Dusun Pengkalen Batu diboyong menuju Sekolah Dasar Negeri 12 Payung agar 10 orang siswa Kelas Jauh Dusun Pengkalen Batu masih bisa merasakan bersekolah di sekolah pada umumnya.

Selain hari Sabtu, siswa tetap belajar di Kelas Jauh Dusun Pengkalen Batu yang telah tersedia di Dusun Pengkalen Batu.

Dengan menggunakan sepeda motor hasil bantuan Pemerintah Desa Ranggung, Muhammad Guntur sang pejuang pengajar harus memboyong kesepuluh siswa untuk menuju SDN 12 Payung.

Tak hanya sekali angkut, namun Guntur harus bolak-balik dua hingga tiga kali dari dusun ke SDN 12 Payung agar semua siswa merasakan bagaimana bersekolah di sekolah formal.

Ketika mengunjungi Dusun Pengkalen Batu, Bangkapos.com belum berhasil untuk bertemu dengan 10 peserta didik yang bersekolah di Dusun Pengkalen Batu karena setiap hari Sabtu, siswa bersekolah di SDN 12 Payung.

Halaman
12
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved