Percantik Wajah Kota, Disperkim Pangkalpinang Bangun Sejumlah Taman

Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Pangkalpinang terus melakukan upaya untuk mempercantik wajah Ibukota Provinsi Bangka Belitung.

Percantik Wajah Kota, Disperkim Pangkalpinang Bangun Sejumlah Taman
Bangkapos/irakurniati
Kepala Disperkim Pangkalpinang, Miego 

Percantik Wajah Kota, Disperkim Pangkalpinang Bangun Sejumlah Taman

BANGKAPOS.COM - Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Pangkalpinang terus melakukan upaya untuk mempercantik wajah Ibukota Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Upaya ini dilakukan dengan melakukan penataan dan pembangunan fasilitas-fasilitas untuk memperindah tata kota sehingga menarik dipandang dengan membuat taman kota.

Taman kota yang dibangun dengan arena olahraga serta ruang terbuka publik untuk keluarga, dibangun di kawasan Tampuk Pinang Pura Jembatan 12. Taman ini juga dibuat sebagai taman ramah anak.

Kepala Disperkim, Miego mengatakan, untuk mempertahankan predikat kota layak anak diperlukan sebuah taman yang representatif, untuk itu pihaknya menggandeng pemerintah Provinsi Babel dan CSR BUMN untuk membangun taman yang rencananya dinamai Taman Dealova.

"Karena terkenal dengan nama Bukit Dealova namanya akan kita buat seperti itu rencananya. Kami ingin wajah kota lebih cantik, sederhana sebenarnya hanya dengan taman, tapi ini bernilai karena kesannya lebih indah," kata Miego, Minggu (1/12/2019).

Pembangunan Taman Dealova akan dikebut hingga akhir tahun ini. Dana yang dikucurkan sekitar 190 juta.

Miego menyebut, selain membangun taman ramah anak, juga dibangun taman dengan dilengkapi tugu yang ikonik. Taman ini dibangun di persimpangan Jalan Lembawai (tidak jauh dari lampu lalu lintas PT Timah). Sedangkan tugu ikonik tersebut berupa Kerito Surong atau alat angkut tradisional zaman dulu.

"Mungkin anak zaman sekarang banyak tidak tau kerito surong itu, makanya kita buat ikonik melambangkan alat angkut tradisional kita zaman dulu. Pembangunannya juga sudah dilakukan dan target selesainya akhir tahun ini," katanya.

Lebih lanjut, untuk menambah warna-warni di ruas jalan utama, pihaknya juga membuat taman di median vertikal jalan dari Simpang Lampu Lalu Lintas Semabung hingga Gabek.

"Di tengah-tengah jalan tersebut ada taman yang diletakkan tempat menaruh bunga terbuat dari besi berwarna putih, di atasnya ada vas bunga. Jadi sepanjang jalan akan berwarna warni," sambungnya.

Miego menambah, keseluruhan taman yang dibangun ini ditargetkan selesai hingga akhir tahun 2019. Anggaran pembangunan ketiganya yakni sekitar Rp 500 juta.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved