Benarkah Makan Nasi Goreng dengan Timun Berbahaya Bahkan Bisa Memicu Kanker? Ini Penjelasannya

Selain menambah cita rasa nasi goreng, kandungan timun juga memang dikenal memiliki manfaat yang menyehatkan.

Benarkah Makan Nasi Goreng dengan Timun Berbahaya Bahkan Bisa Memicu Kanker? Ini Penjelasannya
borderlinepaleo.com
Nasi goreng 

BANGKAPOS.COM-- Biasanya jika makan nasi goreng ,selain dengan kerupuk, dilengkapi dengan irisan mentimun dan tomat.

Tentu saja dengan adanya mentimun bisa menambah cita rasa nasi goreng. Apalagi kandungan timun juga memang dikenal memiliki manfaat yang menyehatkan.

Seringkali timun sering digunakan sebagai garnis atau pemanis dekorasi makanan, yang sekaligus bisa dikonsumsi karena enak dan menyehatkan tubuh.

Tapi tahukah, sebuah penelitian justru berpendapat sebaliknya?

Studi tersebut menyatakan bahwa memakan nasi goreng meski dengan timun tetaplah berbahaya bagi kesehatan bahkan sampai menyebabkan kanker.

Dilansir dari Science Daily, peneliti di University of the Basque Country mengatakan jika menggoreng nasi goreng dengan minyak yang sudah pernah dipakai, memicu munculnya zat aldehida pada nasi goreng tersebut.

Zat aldehida tersebut diketahui merupakan senyawa yang cukup beracun yang biasa ditemukan pada minyak yang sudah pernah dipakai berulang atau minyak berkualitas rendah. 

Jika seseorang mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak yang mengandung zat aldehida dan mengonsumsi timun setelahnya, maka akan terjadi proses kimiawi yang menyebabkan radang tenggorokan.

Radang tersebut muncul karena getah timun yang memiliki senyawa kimia akan bercampur dengan senyawa aldehid sehingga tak heran jika tenggorokan bisa tercemar dan tidak sehat setelah makannasi goreng bercampur timun tersebut.

Namun yang mengerikan, zat aldehida ini ternyata bisa memicu munculnya penyakit neurodegenerative, beberapa jenis kanker dan penyakit lain yang berhubungan dengan saraf.

Efek ini tidak hanya berlaku pada nasi goreng saja, tapi mengonsumsi timun dengan makanan lain yang digoreng dengan minyak mengandung zat aldehida risikonya sama.

Meski begitu bukan berarti kita dilarang mengonsumsi nasi goreng dengan timun. Tapi sebaiknya hindari pemakaian minyak yang mengandung zat aldehid pada makanan yang akan disantap.

Adapun minyak yang harus dihindari di antaranya minyak bekas atau yang dipakai berulang, minyak dari biji bunga matahari, dan juga minyak goreng curah yang kandungan lemak jenuhnya tinggi.

Gunakanlah minyak goreng murni, minyak goreng baru setiap kali memasak, karena akan lebih baik menggunakan minyak goreng dari kelapa, bukan sawit. (*)

Artikel ini telah tayang di health.grid.id dengan judul : Makan Nasi Goreng Dengan Timun Benarkah Berbahaya Bahkan Bisa Memicu Kanker ?

Penulis: tidakada011
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved