Berita Sungailiat

Mendra Soroti Perpanjangan Izin Pengerukan Pelabuhan, Tak Ada Kemajuan Ganti Perusahaan Baru

Pemkab Bangka yang memperpanjang izin perusahaan tambang PT Pulomas Sentosa yang melakukan pengerukan alur muara Pelabuhan Sungailiat.

Mendra Soroti Perpanjangan Izin Pengerukan Pelabuhan, Tak Ada Kemajuan Ganti Perusahaan Baru
Nurhayati/Bangkapos.com
Pengerukan alur muara yang dilakukan oleh PT Pulomas. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Wakil Ketua DPRD Bangka Mendra Kurniawan memperingatkan Pemkab Bangka yang memperpanjang  izin perusahaan tambang PT Pulomas Sentosa yang melakukan pengerukan alur muara Pelabuhan Sungailiat.

Dia meminta Pemkab Bangka harus menilai pekerjaan pengerukan yamg dilakukan jangan sampai tidak ada perbaikan seperti kinerja sebelumnya. Menurut Mendra, kalau kinerja PT Pulomas tetap seperti sebelumnya, ia minta Pemkab Bangka untuk memutuskan hubungan dan menggantikan dengan perusahaan yang baru.

"Terkait masa perpanjangan ini, kami akan turun ke masalah pengerukan, harus adanya perbaikan mungkin dari cara mereka, mengeruk alur, menumpuk pasir, itu harus ada perbaikan, apabila ada hujan turun, pasirnya kembali turun, sehingga perlu adanya perbaikan. Fungsi kita sebagai pengas tetap akan terus memantau terus selama proyeksi enam bulan ini, apabila tidak ada kemajuan mungkin akan kita komunikasi agar Pemkab tidak di perpanjang dicabut ganti dengan orang baru, tergantung pelelangan nanti," ungkap Mendra kepada Bangkapos.com, Selasa (3/12/2019)

Menurutnya, pihak DPRD Kabupaten tidak melarang adanya investasi di Kabupaten Bangka, namun perlu dengan kinerja yang menguntungkan dan memiliki hasil untuk kepentingan masyarakat.

"Kita berusaha berjalan bersama dengan Pemkab, adanya investasi tidak melarang dan wajib kita dukung sebagai sumber PAD kita, ketika ada perpanjangan terhadap perusahaan tersebut, mereka harus memberikan dan bekerja untuk masyarakat nelayan. Kita silakan percaya kepada pemkab sudah menelaahmemberikan perpanjangan dan mengadakan lelang siapa nanti mengelola itu," jelas Mendra.

Diberitakan sebelumnya, izin kontrak PT Pulomas Sentosa perusahaan pengeruk alur muara air kantung Pelabuhan Sungailiat diperpanjang oleh Pemerintah Kabupaten Bangka, selama enam bulan kedepan.

Di mana sebelumnya, kontrak PT Pulomas diketahui berakhir pada November 2019 lalu, namun Bupati Bangka Mulkan, mengatakan agar tidak adanya penghentiaan aktivitas pengerukan selama menunggu hasil beauty contest pelelangan terhadap perusahan yang telah mengajukan untuk melakukan pengerukan di alur tersebut.

"Memang dalam waktu yang mepet tidak mungkin kita baru mau melakukan beauty contest tidak melakukan kontinyu (aktivitas pengerukan) selama enam bulan kedepan,
nanti kita lihat, karena ini bicara kepentingan masyarakat, ini kan sambil berjalan sifatnya temporer, sementara, yang penting terfokus supaya aktivitas bisa berjalan dengan baik," ungkap Bupati Bangka Mulkan, Selasa (3/12/2019). (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved