Berita Bangka Barat

Lahan Eks Tambang Luas, Camat Parittiga Usulkan Budidaya Tanaman Jambu Mente

Ide tersebut muncul, usai kelompok Tani (Poktan) Makmur desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, dinobatkan sebagai cluster

Lahan Eks Tambang Luas, Camat Parittiga Usulkan Budidaya Tanaman Jambu Mente
IST
Camat Parittiga, Madirisa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Camat Parittiga Madirisa, mengusulkan wilayah eks tambang disulap menjadi lahan budi daya tanamam jambu Mente.

Terlebih menurut Madirisa, lahan eks tambang di Kecamatan Parittiga masih cukup luas.

Menurut Madirisa, prospek budidaya tanaman jambu mente ini sangat menjanjikan.

Salah satu daerah yang mengembangkan budidaya tersebut yakni Sulawesi Tenggara (Sulteng).

Ide tersebut muncul, usai kelompok Tani (Poktan) Makmur desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, dinobatkan sebagai cluster terbaik tingkat nasional pendukung ketahanan pangan dalam rangka pengendalian inflasi khususnya di bidang peternakan/perikanan oleh Bank Indonesia (BI).

"Kemarin waktu pembukaan diklat beberapa waktu lalu saya selakju camat, mengatakan kita di kecamatan parittiga ini masih banyak lahan kosong bekas tambang,"ujar Madirisa, Rabu (4/12/2019).

"Jadi selain yang telah di kelola sekarang coba berinisiatif lagi seperti menanam jambu mente. Di sulawesi itu saya melihat langsung mereka berkebun. Dilepas saja hidup, apalagi kalau di rawat," kata Madirisa.

" Coba di buat percontohan tidak usah banyak banyak dulu sehektar baru di bahas lintas sektoral, nanti kita kita lihat apakah ini prospek nya cocok. Karena ini menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," tambahnya. (Bangkapos.com/Antoni)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved