Berita Bangka Selatan

Mang Yamin Berharap Pemkab Bangka Selatan Membantu Petani Lada yang Alami Kesulitan

Mang Yamin berharap Pemerintah Daerah Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian Bangka Selatan bisa membantu petani lada

Mang Yamin Berharap Pemkab Bangka Selatan Membantu Petani Lada yang Alami Kesulitan
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Mang Yamin saat menunjuk daun lada miliknya yang menguning diserang penyakit kuning 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Petani lada di Desa Keposang, Mang Yamin berharap Pemerintah Daerah Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian Bangka Selatan bisa membantu petani lada yang saat ini mengalami kesulitan dalam bertani lada.

Ketika ditemui di perkebunannya pada Rabu, (4/12/2019) M Yamin menyebutkan selama berkebun di Desa Keposang, dirinya belum pernah mendapat pendampingan dari penyuluh pertanian.

"Selama ini saya berkebun sesuai pengalaman saya sendiri, tentunya ilmu pengetahuan yang saya miliki belum sepenuhnya benar sehingga membutuhkan bantuan," kata Mang Yamin kepada Bangkapos.com.

Curhatan Petani Harga Lada Anjlok, Terpaksa Banting Tulang Jadi Kuli Bangunan Demi Nafkahi Keluarga

Sikap Eksportir yang Ancam Tak Mau Beli Lada Babel Dinilai Lucu

Untuk itu Mang Yamin berharap agar pemerintah dapat membantu dirinya untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara mengolah pupuk yang baik, bagaimana mengatasi kondisi cuaca yang tidak menentu serta turut membantu mencari jalan keluar bagaimanaa mencari atau memilih junjung yang baik bagi tanaman lada.

"Sebagai petani kami hanya bisa berharap agar pemerintah tidak lepas tangan dan tidak tutup mata atas kondisi yang kami sebagai petani alami. Apalagi dengan kondisi yang terjadi saat ini yang tidak menentu," tuturnya.

Bambang Patijaya Ajak Stakeholder Bersama Susun Tata Niaga Lada Nasional yang Baru

Perlu Keterpaduan Semua Pihak Mengenai Tata Kelola Lada Bangka Belitung

Saat ini tampak cukup banyak tanaman Lada milik Yamin yang terlihat menguning dan ada beberapa batang juga mengalami keadaan yang keriting.

Diakui Yamin, kondisi yang dirasakannya adalah akibat cuaca yang tidak menentu. Bahkan dirinya pernah menyebutkan pernah beberapa hari lalu cuaca panas berkepanjangan turut menjadikan tanaman Lada miliknya mengalami sakit.

Dirinya bahkan beberapa kali mengalami kesulitan mencari pupuk terbaik karena menurut Yamin cukup banyak pupuk yang beredar tidak memiliki kandungan pupuk yang baik bagi tumbuhan. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved