Target PBB-P2 Tercapai, Pemkab Bangka Barat Beri Penghargaan untuk Sejumlah Kades

Pemerintah daerah Kabupaten Bangka Barat memberikan penghargaan kepada 29 kepala desa

Target PBB-P2 Tercapai, Pemkab Bangka Barat Beri Penghargaan untuk Sejumlah Kades
Ist
Bupati Markus SH didampingi Plt. Sekda M. Effendi saat menyerahkan penghargaan kepada Kades, Rabu (4/12) pagi. 

Pemerintah daerah Kabupaten Bangka Barat memberikan penghargaan kepada 29 kepala desa lantaran sukses dalam pencapaian realisasi target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan sektor pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) per 30 September 2019.

Bupati Bangka Barat, Markus SH, dalam sambutannya mengapresiasi kepala desa yang sukses mendapat penghargaan tersebut.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah Bangka Barat kepada kepala desa yang mampu mencapai realisasi target penerimaan PBB-P2 2019.

Bupati Markus saat menghadiri acara penghargaan atas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan sektor pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Bangka Barat Tahun 2019
Bupati Markus saat menghadiri acara penghargaan atas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan sektor pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Bangka Barat Tahun 2019 (Ist)

Lebih jauh dia menyampaikan, PBB-P2 sangat berpotensi meningkatkan PAD apabila aparatur pemerintahan daerah dan masyarakat meningkatkan kesadarannya dalam hal ketaatan membayar pajak.

"Terima kasih kepada masyarakat yang telah memenuhi kewajiban pajaknya pada tahun 2019 ini, secara khusus aparat di tingkat desa dan kelurahan yang telah bekerja keras sehingga target PBB dapat tercapai. Kita bersyukur, capaian PBB-P2 tahun 2019 yakni sebesar Rp 3,2 miliar, meski masih di bawah target yang ditentukan yakni Rp 3,5 miliar," imbuhnya.

Markus yakin, sebenarnya PBB-P2 ini masih bisa meningkat jauh lebih besar apabila semua pihak berkomitmen melakukan upaya-upaya peningkatan yang nyata.

"Salah satu upaya nyata yang telah dilakukan yakni pemutakhiran data di 2018 di Kecamatan Tempilang dan 2019 di Kecamatan Kelapa. Semoga penghargaan yang diberikan kepada kepala desa saat ini menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya di Babar," ujar Markus di Muntok, Rabu (4/12).

Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Bangka Barat, Sabar Maruli Tua, menjelaskan penghargaan yang diberikan kepada 29 desa tersebut berupa piagam dan uang pembinaan sebesar 20% dari target penerimaan buku DHKP 1,2,3 TAHUN 2019.

Ketua DPRD Bangka Barat H. Badri Syamsu didampingi Bupati Markus saat menyerahkan penghargaan kepada Kades.
Ketua DPRD Bangka Barat H. Badri Syamsu didampingi Bupati Markus saat menyerahkan penghargaan kepada Kades. (Ist)

"Jadi 29 desa yang menerima penghargaan tersebut adalah pencapaian realisasi target penerimaan PBB-P2 per 30 September 2019. Sementara pencapaian target per 26 November ada 6 desa terdiri dari Desa Jebus, Ranggi Asam, Mislak, Buyan Kelumbi, Pelangas, Air Nyatoh," jelas Sabar.

Sekedar diketahui, piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar 20% dari target penerimaan buku DHKP 1,2,3 TAHUN 2019 nantinya disetor oleh kepala desa melalui kaur keuangan desa ke rekening kas desa serta diperhitungkan pada ABPDes. (Humas Pemkab Bangka Barat)

Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved