Berita Pangkalpinang

Perlu Adanya Pergub,Yogyakarta Bisa Jadi Contoh Bangka Belitung untuk Terapkan Perlindungan Konsumen

Pengamat Kebijakan Publik Bangka Belitung Jumli Jamaluddin menilai perlunya pemberlakuan peraturan gubernur (pergub) untuk perlindungan konsumen

Perlu Adanya Pergub,Yogyakarta Bisa Jadi Contoh Bangka Belitung untuk Terapkan Perlindungan Konsumen
Istimewa
Ketua LP5 Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin 

Perlu Adanya Pergub,Yogyakarta Bisa Jadi Contoh Bangka Belitung untuk Terapkan Perlindungan Konsumen

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pengamat Kebijakan Publik Bangka Belitung Jumli Jamaluddin menilai perlunya pemberlakuan peraturan gubernur (pergub) untuk perlindungan konsumen di Bangka Belitung. Khususnya terkait kejelasan dan standar penulisan harga atau tarif pada setiap tempat usaha.

Hal ini, kata dia, memang telah diatur dalam ketentuan UU Perlindungan Konsumen atau peraturan menteri terkait

Namun, Babel perlu aturan turunan terkait perlindungan konsumen ini untuk semakin menjamin perlindungan terhadap konsumen.

Ia menilai, Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa menjadi contoh bagaimana konsumen dilindungi. Ini dinilai menjadi revelan bagi Babel sebagai daerah yang berkepentingan untuk memajukan sektor pariwisatanya.

"Akan lebih baik jika dibuat turunannya untuk di daerah. Misalnya bisa cukup dalam bentuk peraturan gubernur, peraturan bupati atau wali kota," saran Jumli, Kamis (5/12/2019) kepada Bangkapos.com.

Jumli menegaskan, konsumen berhak untuk memperoleh informasi seperti harga. Jika itu tempat makan atau toko kuliner misalnya, maka pemilik usaha mesti membuat atau memampangkan daftar menu dan harga yang ditawarkan.

"Di Yogyakarta, setiap warung apapun wajib cantumkan harga setiap menu. Dan konsumen bisa puas, tidak kaget begitu mau bayar di kasir. Meski kelihatannya sepele, ini menjadi penting untuk menjaga citra Babel di mata pengunjung dari luar daerah atau wisatawan yang datang," beber Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel) itu.

Penukaran uang receh di mobil keliling Bank Indonesia Bangka Belitung.
Penukaran uang receh di mobil keliling Bank Indonesia Bangka Belitung. (Bangka Pos/Resha Juhari)

Harus Sediakan Uang Receh

Sebelumnya diberitakan, toko konvesional hingga retail modern di Bangka Belitung kembali diingatkan untuk wajib menyediakan uang receh kembalian transaksi.

Halaman
123
Penulis: Dedy Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved