Berita Pangkalpinang

Tanpa Keluar Uang dan Konsumsi Obat, Cara Ini Juga Bisa Atasi Deprsi dan Gangguan Kejiwaan

bisa juga atasi dengan konsultasi kepada orang-orang terdekat agar dapat meringankan beban pikiran seseorang yang sedang depresi

Tanpa Keluar Uang dan Konsumsi Obat, Cara Ini Juga Bisa Atasi Deprsi dan Gangguan Kejiwaan
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni mengatakan depresi memang bisa ditanggulangi dengan obat.

Tetapi bisa juga atasi dengan konsultasi kepada orang-orang terdekat agar dapat meringankan beban pikiran seseorang yang sedang depresi.

"Obat-obatan tersebut memang mampu mengurangi gejala depresi dan membantu menenangkan pikiran," ujar dr Annisa saat dikonfirmasi bangkapos.com, (5/12/2019).

Menurutnya ada beberapa macam obat-obat yang tergolong antidepressan meliputi jenis SSRIs, ATCs, MAOIs, dan sebagainya.

Obat tersebut biasanya diberikan mulai dari dosis rendah, pemberian pun tidak bisa sembarangan. yang meresapkan obat2 tersebut harus dokter spesialis kejiwaan (Sp.KJ).

"Secara medis orang tertekan dan bingung tentang hidupnya memang bisa ditangani dengan obat antidepressan tadi contohnya. Namun tidak menutup kemungkinan bisa ditangani dengan jalan lain selain medis, seperti konsultasi religi, konsultasi ke psikiater, bahkan dengan hanya konsultasi ke orang-orang terdekat dapat membantu mengatasi depresi seseorang," kata dr Annisa.

Bahkan ia menjelaskan bunuh diri memang kebanyakan disebabkan oleh depresi.

Namun tidak menutup kemungkinan bunuh diri juga disebabkan penyakit kejiwaan lain seperti salah satunya skizofrenia, dimana orang tersebut berhalusinasi dan mendengar suara-suara yang menyuruhnya untuk bunuh diri. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved