Berita Pangkalpinang

Terapkan Sistem Manajemen Anti Suap, PN Pangkalpinang Diaudit Tim Auditor Mutuagung Lestari KAN

Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang diaudit oleh Tim Auditor dari Mutuagung Lestari Komite Akreditasi Nasional (KAN)

Terapkan Sistem Manajemen Anti Suap, PN Pangkalpinang Diaudit Tim Auditor Mutuagung Lestari KAN
Istimewa
Ketua Pengadilan Negeri Pangkalpinang Sri Endang Amperawaty Ningsih 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang datangi oleh Tim Auditor dari Mutuagung Lestari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam rangka audit penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah dicanangkan pada 7 Oktober 2019 lalu.

Kegiatan audit yang dipimpin oleh Sigit H  Prabowo selaku Ketua Tim Auditor dan Anatomi Muliawan sebagai tenaga ahli ini berlangsung selama 3 hari sejak 2 hingga 4 Desember 2019.

Kunjungan dua orang Tim Auditor Mutuagung Lestari KAN ini langsung disambut oleh Ketua PN Pangkalpinang, Sri Endang Amperawati Ningsih, para hakim dan seluruh pegawai.

"Audit ini merupakan audit tahap kedua yang sekaligus menentukan apakah Pengadilan Negeri Pangkalpinang berhak untuk mendapatkan sertifikat ISO : 37001 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Sertifikat ISO 37001 : 2016 ini merupakan sertifikat yang diakui secara internasional," kata Ketua PN Pangkalpinang, Sri Endang Amperawati Ningsih berdasarkan rilis yang diterima bangkapos.com, Kamis (5/12/2019).

Ia mengungkapkan, bahwa audit ini dilakukan melalui metode wawancara dan pemeriksaan dokumen dengan para auditee yang merupakan unsur pimpinan, para pejabat struktural, fungsional dan para staf dengan sampling.

"Tujuan dari audit ini sendiri adalah untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Anti Penyuapan telah diterapkan dengan baik dan membawa perubahan positif pada kinerja PN Pangkalpinang.Dengan waktu persiapan yang relatif singkat, kurang lebih 2 bulan dari pertama kali SMAP dicanangkan pada PN pangkalpinang, audit yg berlangsung kurang lebih 3 hari ini berjalan dengan lancar," jelasnya.

Selain audit ini berjalan lancar, diakui Sri Endang, juga mendapatkan respon positif dari para auditor terhadap sistem yang diterapkan di PN pangkalpinang yang dianggap telah efektif menutup celah untuk terjadinya penyuapan.

"Tim Auditor ini sangat mengapresiasi PN Pangkalpinang yang sudah bagus dalam membangun sistem yang ada, sehingga bisa menjadi kontrol untuk memperkecil peluang penyuapan. Bahkan dengan sistem yang telah ada, hampir tidak akan mungkin terjadi resiko penyuapan," ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, tim auditor juga berpesan untuk lebih mengeksplor setiap resiko penyuapan yang ada, agar dapat menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti.

"Kami akan lebih mempertimbangkan semua peluang sekecil apapun yang bisa dijadikan resiko penyuapan, agar dapat disiapkan kendali terhadap resiko tersebut," pungkasnya.

(Bangkapos.com/Ferdi Aditiawan)

Caption: Ketua Pengadilan Negeri Pangkalpinang Sri Endang Amperawaty Ningsih / Istimewa

Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved