Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung Mencari Durian Unggulan, Selain Taibabi atau Namlung Lewat Kontes

Namlung atau Taibabi adalah satu-satunya jenis durian yang terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai durian unggulan dari Bangka Belitung.

Bangka Belitung Mencari Durian Unggulan, Selain Taibabi atau Namlung Lewat Kontes
Youtube sahabat traveller
Durian Cumasi atau Namlung atau "Tai Babi" 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai dilanda musim durian. Jualan durian jadi jamak ditemui di pinggir-pinggir jalan protokol di pusat kota atau kabupaten.

Berbicara raja buah ini, durian jenis Cumasi atau Namlung atau Taibabi menjadi ikon pada setiap musim durian di Bangka Belitung.

Cita rasa dan tekstur yang dinilai luar biasa, serta harga yang jauh lebih tinggi daripada durian jenis lainnya menjadi pokok perbincangan mengenai durian jenis ini.

Kepala Dinas Pertanian Bangka Belitung Juaidi mengamini hal ini. Cumasi atau Namlung atau Taibabi adalah satu-satunya jenis durian yang terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai durian unggulan dari Bangka Belitung.

"Ini satu-satunya varietas durian dari Bangka Belitung yang sudah di-release dan didaftarkan di Kementerian Pertanian. Ini terdaftar sebagai durian varietas unggulan nasional," kata Juaidi, Jumat (6/12/2019).

Sejak didaftarkan, Durian Namlung atau Taibabi jadi semakin populer. Banyak pekebun berlomba-lomba mengembangkan durian varietas ini.

Pemprov dibantu Kementan akan mengembangkan Durian Namlung ke sentra-sentra durian yang ada di Babel.

"Sehingga secara perlahan, sentra durian kita yang mungkin selama ini dinilai belum baik menjadi punya durian-durian varian unggulan seperti Namlung ini," ucap dia.

Sebenarnya, kata Juaidi, banyak varietas lain di Bangka Belitung. Tetapi memang baru Cumasi atau Namlung atau Taibabi yang paling paling menonjol.

Pemerintah sedang berupaya mencari durian-durian varietas unggulan lainnya.

Halaman
1234
Penulis: Dedy Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved