Berita Pangkalpinang

Waspadai Makan Durian Berlebihan. Kolesterol dan Gula Darah Mudah Naik

Dokter Umum RSUD Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni memberikan penjelasan mengenai kandungan dan akibat mengkonsumsi durian berlebihan.

Waspadai Makan Durian Berlebihan. Kolesterol dan Gula Darah Mudah Naik
bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Buah durian mulai ramai dijual dekat pinggiran jalan kota Pangkalpinang. Bagi pengemar durian, hal ini akan membawa kabar gembira.

Tetapi mengkonsumsi buah durian secara berlebihan tentu saja tidak baik bagi kesehatan.

Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni memberikan penjelasan mengenai kandungan dan akibat mengkonsumsi durian berlebihan.

"Durian itu buah yang tinggi kolesterol, lemak tak jenuh, gula, serta mengandung alkohol. Kebanyakan konsumsi durian tentu akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga kadar kolesterol yang tinggi ini dapat membuat pusing," kata dr Annisa saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (6/12/2019).

SEGAR - Musang king setelah dibelah bentuknya dan warnanya memikat untuk segera dinikma
SEGAR - Musang king setelah dibelah bentuknya dan warnanya memikat untuk segera dinikma (Bangkapos.com/Ibnu Taufik Juwariyanto)

Menurutnya karena kandungan durian tersebut maka konsumsi durian berlebihan tidak dianjurkan bagi penderita hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Durian Petani Bangka Tengah Laku 500 Butir per Hari Dibeli Pemborong

Bahkan kadar gula yang tinggi dalam durian juga akan menyebabkan kenaikan gula darah, sehingga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes juga.

"Alkohol dalam durian juga dapat membuat jantung berdebar-debar. Alkohol yang tinggi terutama didapatkan pada buah durian yang sudah sangat matang atau rasanya sangat manis. Jadi semakin matang buah durian tersebut, semakin tinggi juga kadar alkoholnya," terang dr Annisa.

BIKIN HEBOH, Seorang Pejabat Beli Satu Durian Seharga Rp 682 Juta, Apa Istimewanya?

Ia menambahkan menurut ahli gizi, jumlah durian yang direkomendasikan dalam sekali konsumsi atau sehari adalah dua biji durian (bukan dua buah).

"Intinya konsumsi sesuatu jangan berlebihan agar tidak membahayakan kesehatan," ujarnya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved