Berita Bangka Selatan

Arifin Noor Siap Mundur dari ASN, Hormati PKPU Tak Larang Eks Napi Koruptor Ikut Pilkada

Terkait asn dan legislatif mundur, bahwa saya sebagai ASN telah memiliki tekad bulat untuk maju dalam konstelasi pilkada Basel 2020-2024

Arifin Noor Siap Mundur dari ASN, Hormati PKPU Tak Larang Eks Napi Koruptor Ikut Pilkada
istimewa
Foto dari Nong Respi

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Komisi Pemilihan Umum resmi menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) tentang Pencalonan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

PKPU tersebut dicatat sebagai PKPU Nomor 18 tahun 2019 yang ditetapkan pada 2 Desember 2019.

Dari sejumlah syarat pencalonan yang dimuat dalam PKPU, tidak satupun syarat yang mengatur tentang larangan mantan narapidana korupsi maju sebagai calon.

Padahal, KPU sebelumnya berencana memuat larangan tersebut dalam PKPU ini.

Dalam Pasal 4 Ayat (1) huruf h, yang dilarang untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah hanya mantan terpidana bandar narkoba dan mantan terpidana kejahatan seksual terhadap anak.

Meski begitu, ada aturan tambahan dalam PKPU Nomor 18 Tahun 2019 yang meminta partai politik untuk mengutamakan calon kepala daerah bukan seorang mantan terpidana korupsi.

Aturan itu dimuat dalam dua ayat, yaitu Pasal 3A ayat (3) dan ayat (4).

Aparatur Sipil Negara Kabupaten Bangka Selatan, Arifin Noor yang akan berencana mengikuti Pilkada di Kabupaten Bangka Selatan tahun 2020 mendatang mengakui bahwa dirinya menghormati aturan yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum.

"Pada dasarnya saya menghormati setiap peraturan yang dibuat oleh menyelenggara seperti KPU sehingga apapun yang telah mereka diputuskan saya menghormati dan menghargai termasuk tidak melarang eks napi koruptor ikut calon dan ASN harus mundur," ungkap Arifin, Sabtu (7/12)

Arifin menegaskan dirinya siap untuk mundur jika aturan mengharuskan ASN mundur.

"Terkait asn dan legislatif mundur, bahwa saya sebagai ASN telah memiliki tekad bulat untuk maju dalam konstelasi pilkada Basel 2020-2024 sehingga demi kejayaan Bangka Selatan maka saya bersedia mundur dari ASN," ungkap Arifin Noor. (Bangkapos.com/Respi Leba)

Penulis: respileba
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved