Berita Sungailiat

Massa Sinjel Dukung KIP Masuk Perairan Akeh, Ini Syaratnya

Massa pro KIP asal Kelurahan Sinjel justru mendukung rencana penambangan laut yang dimaksud, syaratnya kompensasi harus transparan.

Massa Sinjel Dukung KIP Masuk Perairan Akeh, Ini Syaratnya
(Bangka Pos/Rama)
Ratusan Warga Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat dan sekitarnya gelar deklarasi dukung beroperasinya KIP, Minggu (8/12/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Jika beberapa pekan lalu sejumlah Warga Kelurahan Matras Sungailiat Bangka menggelar aksi demo menolak masuknya kapal isap pertambangan (KIP) di perairan ini, kini demontran pro KIP dari kelurahan tetangga, Sinarjaya Jelutung (Sinjel) Sungailiat, menggelar aksi berbeda. Massa pro KIP asal Kelurahan Sinjel justru mendukung rencana penambangan laut yang dimaksud, syaratnya kompensasi harus transparan.

Aksi ini dilakukan, Minggu (8/12/2019) petang di Pantai Akeh Kelurahan Sinarjaya Jelutung (Sinjel) oleh sejumlah massa Kelurahan Sinjel.

Massa datang ke Pantai Akeh Sinjel sambil membawa kertas berisi tulisan dukungan pada aktifitas tambang laut, khususnya KIP.

Mereka kemudian membacakan enam poin dukungan KIP di tepi pantai. Tentu saja dukungan yang dimaksud bertentangan dengan sejumlah demontran dari kelurahan tetangga, yang sebelumnya demo di Kantor Lurah Matras, menolak masuknya KIP.

Sementara itu, sikap politik dukungan yang dibacakan sejumlah massa dari Kelurahan Sinjel Sungailiat, intinya, pertama mengklaim mereka tanpa paksaan pihak lain merupakan masyarakat sadar tambang. Ke dua, Masyarakat Sinjel setuju terkait rencana pembukaan tambang laut, tepatnya di Perairan Laut Akeh atau Parit 40 Sinjel,--- lokasinya bersebelahan dengan Perairan Laut Kelurahan Matras.

Sikap ke tiga, Mereka meminta pihak berwenang atau pemerintah daerah mewakili otoritas negara agar mengakomodir hajat hidup orang banyak demi terwujudnya keadilan tambang yang berkeadilan untuk masyarakat Sjnjel.

Sikap keempat, jika keinginan terwujud, maka Masyarakat Sinjel siap mengawal dan berjuang bersama agar kedaulatan tambang untuk masyarakat dapat tegak berdasarkan azaz keadilan sosial bagi seluruh pihak yang berkepentingan.

Sikap ke lima menyatakan, kesepakatan ini merupakan pemupakatan antara masyarakat berbagai kalangan di empat lingkungan di Kelurahan Sinjel. Sedangkan sikap terakhir, pada poin ke enam menyatakan kepentingan tambang ini merupakan solusi kemerosotan ekonomi yang dialamin masyarakat sehingga
semua pihak berwenang agar segera mewujudkan dan mengawal apa yang menjadi kehendak rakyat .

Kasro, juru bicara sejumlah massa Kelurahan Sinjel Sungailiat kepada sejumlah wartawan usai pernyataan sikap di Pantai Akeh Sinjel, Minggu (8/12/2019) memastikan, dukungan pada KIP merupakan sebuah aspirasi yang positif. Saat disinggung wartawan, bahwa rencana masuknya KIP menjadi polemik antara sesama warga, pro dan kontra..? Kasro menjawab diplomatis.

"Mungkin bapak-bapak wartawan sudah tahu, kalau ada KIP pasti ada konflik. Tapi dalam hal ini kita bersama-sama untuk mengatasi konflik itu, baik dari tetangga maupun dari dalam diri sendiri, kita rangkul untuk keselarasan KIP masuk sini. Karena KIP legal, maka kami mendukung. Kami setuju dengan adanya KIP, tentunya dengan syarat kompensasinya transparan, tidak sembunyi-sembunyi," tegas Kasro.

(bangkapos.com/ferylaskari).

Tags
KIP
Sinjel
Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved