Berita Pangkalpinang

9 Titik Banjir Masih Menjadi Ancaman di Pangkalpinang

Mikron Antariksa menyatakan, masih ada sembilan titik kawasan di Pangkalpinang terancam banjir.

9 Titik Banjir Masih Menjadi Ancaman di Pangkalpinang
Bangkapos/Andini
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa, Senin (9/12/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa menyatakan, masih ada sembilan titik kawasan di Pangkalpinang terancam banjir.

"Masih mengancam Pangkalpinang, karena beberapa titik hanya berselang satu jam hujan deras airnya sudah tergenang, apalagi dimusim penghujan air laut pasangnya tinggi," ungkap Mikron saat ditemui Bangkapos.com, Senin (09/12/2018).

Sembilan titik kawasan yang masih terancam banjir tersebut yaitu, Air Itam, Semabung, Kampung Bintang, Parit Lalang, Gedung Nasional, Rawa Mangun, Kampung Opas, Rejo Sari.

Menurutnya, pada bulan Desember ini belum termasuk musim penghujan sebab intensitas hujan pada bulan ini masih sangat rendah.

Dia mengatakan, memasuki peralihan musim seperti sekarang ini ada sejumlah bencana alam yang harus diwaspadai, antara lain banjir, angin kencang, dan tumbangnya pohon disebabkan angin kencang.

"Kita ini daerah pesisir memang rawan angin dan banjir, kita juga sudah menyiapkan sejumlah peralatan untuk melakukan penyelamatan nantinya, ada dua perahu karet, dua perahu alumunium, tiga perahu polyethylene," ujarnya.

Sementara itu sebanyak 37 personil BPBD Provinisi dan 125 personil Pangkalpinang siap dikerahkan untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan warga jika sewaktu-waktu terjadi banjir dan angin kencang.

Dia juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan diri, baik meningkatkan kemampuan mitigasi bencana atau pengurangan resiko bencana.

"Untuk di sejumlah lokasi banjir kami sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai jalur evakuasi atau penyelamatan diri ketika terjadinya musibah banjir," katanya.

(Bangkapos/cr2/Andini)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved