Berita Pangkalpinang

Ingin Jalan Perumahan Diaspal, Pengembang Disarankan Serahkan Aset Jalan Ke Pemkot

Kepala Dinas PU Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar, mengatakan, ruas jalan di wilayah Pangkalpinang sepanjang 403 kilometer.

Ingin Jalan Perumahan Diaspal, Pengembang Disarankan Serahkan Aset Jalan Ke Pemkot
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Kepala Dinas PU Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Kepala Dinas PU Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar, mengatakan, ruas jalan di wilayah Pangkalpinang sepanjang 403 kilometer.

Kondisi saat ini 85 persen dalam kondisi baik, 10 persen dalam kondisi sedang. Untuk rusak ringan diperkirakan tiga persen dan ada beberapa kawasan yang masih merupakan jalan tanah.

Suparlan menyebut, kawasan tersebut meliputi tanah kavling maupun perumahan-perumahan yang belum masuk dalam peta ruas jalan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Menurutnya, target wali kota dimasa kepemimpinan lima tahun zero jalan tanah, bisa saja terwujud. Apalagi, dia sendiri menargetkan ditahun 2022 ruas jalan Pangkalpinang sudah dilengkapi aspal mulus.

"Secara nasional 65 persen, kita sudah melebihi bahkan sudah 85 persen. Memang ada beberapa yang belum karena perkembangan perumahan, ini yang perlu kami tangani," pungkas Suparlan, Senin (9/12/2019).

Ia mengatakan, jalan perumahan yang ingin diaspal, pengembang atau developer harus menyerahkan aset jalan tersebut ke pemerintah kota dan pihak PU akan segera mengeksekusi pengaspalan jalan.

Saat ini, menurutnya, masih ada pengembang yang belum menyerahkan aset jalan untuk diaspal.

"Ada yang sudah, namun ada yang belum. Persisnya saya lupa berapa. Nah mereka yang menyurati ke kami untuk diaspal, akan kami balas surat tersebut dan segera diaspal," katanya.

Lanjutnya, pengembang yang belum menyerahkan aset jalan tersebut juga disarankan untuk menyerahkan ke pemerintah kota.

Namun, apabila tidak dan melakukan pembangunan jalan sendiri, pihaknya tidak mempermasalahkan hal itu. Sebab, menurut Suparlan, fasilitas umum perumahan merupakan tanggung jawab pengembang.

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved