Berita Bangka Selatan

Petugas KIR Bangka Selatan Kini Gunakan Mesin Untuk Maksimalkan Uji KIR

Dari segi nilai hasil uji, dulunya ketika menggunakan proses manual, penyimpanan-penyimpanan pada kendaraan tidak bisa dipastikan secara rinci.

BANGKAPOS.COM - Jika dua tahun yang lalu petugas Uji Kendaraan Bermotor (KIR) masih melakukan pengujian dengan kondisi yang manual, kini petugas sudah bisa melakukan uji KIR dengan bantuan teknologi mesin.

Hal ini diakui oleh seorang teknisi di UPT KIR Kabupaten Bangka Selatan, Slamet Andhi yang ditemui ketika melakukan proses pengujian KIR.

Menurut pengakuan Slamet, saat ini ketika dirinya bersama dengan rekannya sesama teknisi dalam melakukan Uji KIR, dirinya tak lagi alami kesulitan karena terbantu dengan bantuan teknologi.

Tak hanya itu, dari segi nilai hasil uji, dulunya ketika menggunakan proses manual, penyimpanan-penyimpanan pada kendaraan tidak bisa dipastikan secara rinci.

"Beberapa tahun sudah cukup terbantu karena sudah ada bantuan mesin sehingga nilai-nilai ataupun kerusakan secara detail dapat diketahui.

Sementara itu, Slamet juga memberikan gambaran tahapan apa saja yang akan dilalui oleh sebuah kendaraan ketika melakukan Uji KIR.

Yang pertama adalah Pra Uji yang tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi visual yang ada pada kendaraan seperti lampu, wiper, dan komdisi ban juga diperhatikan.

Setelah itu akan dilakukan kepada pengecekan CO,HC Tester bagi pengguna kendaraan selain Solar dan ada Smoke tester pada bahan bakan Solar.

"Setelah itu yang akan dilakukan yaitu Play Detector yang tujuannya yaitu untuk mengetahui kondisi bagian bawah mobil dan beberapa partisi kendaraan," beber Slamet.

Usai Play Detector maka yang akan dilakukannya yaitu melakukan pengecekan terhadap cahaya lampu dan dilanjutkan dengan Spooring atau Balancing, Klakson hingga rem.

Dengan bantuan alat mekani ini, Slamet merasa dirinya sangat membantu sehingga pelayanan juga dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved