Berita Pangkalpinang

Ini Tanggapan Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung Soal Kebijakan Mendikbud Hapus Ujian Nasional

Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Amri Cahyadi, setiap kebijakan tentunya telah melalui kajian ilmiah dan akademik

Ini Tanggapan Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung Soal Kebijakan Mendikbud Hapus Ujian Nasional
Bangkapos.com/Hendra
Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Menteri Pendidikan Nadim Makarim berencana akan menghapuskan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021 nanti,  kebijakan tersebut mendapatkan banyak tanggapan dari berbagai pihak termasuk anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Seperti yang dikatakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Amri Cahyadi, setiap kebijakan tentunya telah melalui kajian ilmiah dan akademik dengan menyesuaikan perubahan zaman.

"Pastinya setiap kebijakan sudah melalui tahapan kajian ilmiah dan akedemik, dan kebijakan tersebut perlu diyakini menyesuaikan dengan zaman. Oleh karenanya DPRD sebagai bagian dari pemerintahan daerah tidak dalam domain setuju dan tidak setuju, tetapi wajib menjalankan, mendukung setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat, ini konsekuensi hirarki jabatan pemerintahan," jelas Amri kepada Bangkapos.com, Kamis (12/12/2019).

Ia juga sepakat bahwa hasil ujian nasional tidak boleh menjadi satu satunya penilaian kelulusan peserta didik di sekolah.

"Kalau diminta pendapat pribadi maka yang namanya ujian, ujian apa pun itu, masih mesti dilaksanakan sebagai bagian dari parameter uji kompetensi dan pemahaman dari proses pendidikan yang sudah dilaksanakan serta menjadi dorongan,motivasi peserta didik untuk berkompetisi. Namun UN tersebut pastinya tidak boleh menjadi satu satunyanya penilaian kelulusan peserta didik," ungkap Amri.

Amri juga meyakini ada mekanisme lainnya yang akan diambil oleh kementerian pendidikan sebagai parameter uji kompetensi peserta didik.

"Siswa diharapkan tidak hanya memiliki prestasi akademik, namun juga musti terbangun karakter-karakter mental yang positif sebagai produk pendidikan dalam bersaing. Seperti karakter integritas jujur, kerja keras, bertanggungjawab, taat beribadah sesuai agamanya, komunikasi skill pendidikan karakter seperti itulah yang sangat penting kita siapkan kedepan," tegasnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved