Berita Pangkalpinang

Jelang Akhir Tahun Serapan Anggaran Kota Pangkalpinang Baru Mencapai 60 Persen

Serapan anggaran Pemerintah Kota Pangkalpinang hingga saat ini baru mencapai sekitar 60 persen.

Bangkapos.com/Ira Kurniati
Plt Kepala Bakeuda Pangkalpinang, Budiyanto 

BANGKAPOS.COM,BANGK-- Serapan anggaran Pemerintah Kota Pangkalpinang hingga saat ini baru mencapai sekitar 60 persen. Angka ini dipastikan akan terus bergerak hingga penghujung tahun nanti, karena rata-rata kenaikan per hari sebesar satu hingga dua persen.

Hal tersebut dinyatakan oleh Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Pangkalpinang, Budiyanto, diawal bulan Desember realisasi belanja langsung ini bertengger diangka 49 persen dan terus mengalami kenaikan.

Budi menyebut, realisasi fisik OPD sudah selesai dilakukan dan tinggal menyelesaikan pertanggungjawaban.

"Memang di bulan ini kami disibukkan dengan proses pencairan keuangan yang dilakukan OPD. Insyallah akhir tahun harapan kami realisasi APBD lebih dari tahun lalu," ungkap Budiyanto, Kamis (12/12/2019).

Dia menuturkan, realisasi anggaran di tahun-tahun sebelumnya hanya mencapai rata-rata 85 persen dan pihaknya menargetkan tahun ini diatas persentase tersebut. Namun, menurut Budi untuk mencapai target realisasi 100 persen sangat sulit dan tidak memungkinkan.

"Belum ada di kabupaten maupun provinsi yang tercapai 100 persen. Kita tidak mungkin tercapai karena perencanaan. Cuma kita berharap lebih meningkat meski imbasnya Silpa kecil," jelas Budi.

Demi menyelesaikan proses pencairan keuangan OPD ini, sejumlah pegawai di bidang yang menangani anggaran bahkan lembur. Budi menyebut, pegawai tersebut diberikan uang lembur per jam, sayangnya dia lupa berapa uang lembur yang diberikan tersebut. (Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved