Breaking News:

Berita Sungailiat

IAIN Terima Mahasiswa Baru dengan UKT Termurah di Bangka

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan dengan tiga tahap yaitu SPAN, PTKIN, UM-PTKIN yang dilakukan secara online dan untuk jalur PMB pendaftaran

Penulis: Sela Agustika | Editor: Hendra
Bangkapos.com/Sela Agustika
IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka.  

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekolah tinggi Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka akan membuka penerima mahasiswa baru yang diperkirakan pada Februari/Maret dengan kuota sebanyak 1.345 mahasiwa baru.

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan dengan tiga tahap yaitu SPAN, PTKIN, UM-PTKIN yang dilakukan secara online dan untuk jalur PMB pendaftaran secara langsung ke bagian sekretariat panitia penerimaan mahasiswa baru di IAIN.

"IAIN merupakan satu-satunya Institute Islam Negeri di Propinsi Bangka Belitung dan merupakan perguruan tinggi dengan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang rendah dan juga disini menyediakan asrama putri,"kata Mega Humas IAIN kepada Bangkapos.com, Jumat (13/12/2019).

Kepala UPT Ma'had Al-Jamiah, Muhamad Edi Waluyo mengatakan, mahasantri yang tinggal di ma'had diseleksi wawancara dengan materi motivasi masuk ma'had, hafalan qur'an dan penguasaan bahasa Arab dan Inggris.

"Untuk saat ini yang lolos seleksi dan diterima di asrama putri total ada 136. Mengenai pembiayaam saat ini belum ada biaya tinggal di asrama karena belum ditetapkan besarannya melalui SK Rektor," ungkap Muhamad.

Selain itu, IAIN menyediakan banyak beasiswa antara lain, KIP kuliah, beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsi, BI (Bank Indonesia dan PPA (Peningkatan Prestasi Akademik).

"Beasiswa bidikmisi udah gak ada lagi diganti KIP kuliah. Sebelumnya tahun kemaren ada beasiswa tahfidz sama kajian keislaman tapi sekarang gak ada lagi," kata Mega, Humas IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka.

Mega mengungkapkan, IAIN terdiri atas Fakultas Tarbiyah yaitu ada jurusan PAI, PIAUD, Tadris Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bimbingan dan Konseling pendidikan islam.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam yang terdiri dari jurusan Bimbingan dan Konseling islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurnalistik dan Psikologi Islam.

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam terdiri dari jurusan Perbankan Syariah, Akutansi dan Al- Kitab Akhwal SyakhSyakh.

"Untuk saat ini yang menjadi favorit atau yang banyak diminati yaitu pendidikan agama islam dan untuk sikologi islam dan jurnalistik islam merupakan prodi terbaru di IAIN,"ujar Mega. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved