Berita Pangkalpinang

VIDEO: Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Cetak Tenaga Ahli Kesehatan

Kehadiran Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) di Provinsi Bangka Belitung (Babel), diharapkan dapat menghasilkan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kehadiran Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) di Provinsi Bangka Belitung (Babel), diharapkan dapat menghasilkan tenaga ahli kesehatan, terutama demi peningkatakan dan penyediaan tenaga ahli yang akan membantu masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Kemahasiswaan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Hadiyansyah, kepada bangkapos.com, Jumat (13/12/2019).

Ia menjelaskan, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, saat ini mempunyai empat jurusan, yakni Jurusan Keperawatan, Gizi, Kebidanan serta Farmasi. Sedangkan untuk Program Studi (Prodi) terbagi menjadi lima.

"Prodi kita ada lima. Pertama ada Prodi Keperawatan Pangkalpinang, kedua ada Prodi Keperawatan Belitung, Prodi Gizi, Prodi Kebidanan dan Prodi Farmasi," terangnya.

Baru-baru ini, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang juga mendapat tambahan prodi. Prodi tersebut, merupakan Prodi Keperawatan Belitung yang baru saja bergabung pada tahun ini.

"Tahun ini terakhir yang bergabung dengan kita adalah Akper Belitung. Sekarang jadi prodi di sini," ungkap Hadi.

Sementara itu, jalur penerimaan di Poltekkes Kemenkes sendiri, terbagi menjadi 2 jalur. Dijelaskan Hadi, jalur itu meliputi pengurutan minat prestasi dan bakat yang diseleksi dari nilai rapor siswa/i ditambah akreditasi B sekolah terakhir calon mahasiswa/i itu.

Untuk jalur kedua, yaitu jalur uji tulis. Jalur tulis ini, dikatakannya, calon mahasiswa yang berasal dari seluruh sekolah dapat mengikuti seleksi dengan syarat adanya beberapa prodi lebih mengedepankan jurusan kelas pada saat calon mahasiswa bersekolah di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sebelumnya.

"Misalnya jurusan farmasi yang mengharuskan calon mahasiswa dari jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) ketika bersekolah sebelumnya," ujarnya.

" Namun, sekarang belum dipastikan kapan, ataupun ada jalur baru nantinya. Karena kita masih menunggu info dari pusat untuk penerimaan mahasiswa baru ini. Biasanya sih Februari sudah dibuka," lanjutnya.

Keempat prodi yang ada di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang tersebut sudah memperoleh Akreditasi B, sedangkan satu diantaranya, Prodi Belitung sampai sekarang ini masih dalam proses menuju akreditasi B.

"Yang Prodi Belitung itu sedang proses, dan sebentar lagi kita usahakan B. Untuk yang Belitung itu, kampusnya juga memang ada di sana. Memang terpisah, tapi dia kesatuan dengan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang," tuturnya.

"Dengan seluruh fasilitas yang terbilang masih baru ini. Kita pihak kampus juga berharap dapat menarik mahasiswa baru nantinya. Semoga Poltekkes Kemenkes dapat berperan lebih mencetak para tenaga ahli kesehatan di Bangka Belitung," pungkasnya. (Bangkapos/Kemas Ramandha)

Penulis: Kemas Ramandha
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved