Berita Pangkalpinang

Balai Karantina Amankan Daging Bebek, Ribuan Bibit Tanaman dan 15 Ton Buah di Pelabuhan Muntok

Balai Karantina Pertanian Amankan Daging Bebek, Ribuan Bibit Tanaman dan 15 Ton Buah di Pelabuhan Muntok

Balai Karantina Amankan Daging Bebek, Ribuan Bibit Tanaman dan 15 Ton Buah di Pelabuhan Muntok
Ist/Balai Karantina Kelas II Pangkalpinang
Balai Karantina Kelas II Pangkalpinang mengamankan telur ayam, daging bebek dan ribuan batang bibit di Pelabuhan Muntok, Bangka Barat, Jumat (13/12/2019). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Sebanyak 1.161 batang bibit tanaman, 15.800 kg buah, 32.000 kg telur ayam konsumsi, 10.000 kg oil palm kernel, 450 kg daging sapi olahan serta 100 kg daging bebek ditemukan Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang wilayah kerja Pelabuhan Laut Muntok di Pelabuhan Laut Muntok dalam kegiatan Operasi Patuh Karantina bersama Polres Bangka Barat dan Polsek Muntok Jumat (13/12/2019).

Selain itu, sebanyak 100 kg daging bebek, 490 kg cabai, 35 kg jahe, 55 kg kunyit dan 60 kg kunyit juga turut diamankan, karena pemilik tidak dapat menunjukan sertifikat karantina dari daerah asal pengiriman.

Setelah dilakukan pemeriksaan, maka dilakukan penolakan terhadap daging bebek dan dilakukan sertifikasi untuk komoditas pertanian yang lain.

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas karantina Pertanian dan Polri dilakukan bersama Polres Bangka Barat dan Polsek Muntok.

Satu persatu barang bawaan penumpang diperiksa.

Petugas berkewajiban memastikan bawaan penumpang yang merupakan media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) atau Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) terjamin kesehatannya dan bukan merupakan barang bawaan yang dilarang lalulintasnya.

Dari operasi yang digelar kata akhir ditemukan daging bebek dan sayuran yang tidak memiliki sertifikat dari daerah asal (pengiriman).

Awal mulanya petugas mencurigai barang bawaan pada mobil jenis pick up yang keluar dari pelabuhan bermuatan cabai dan box sterofoam.

Kemudian petugas menanyakan pada sopir dan memeriksa barang muatan.

Pada saat petugas melakukan pemeriksaan ditemukan cabai dan daging bebek tanpa dilengkapi dokumen karantina dari daerah asal atau tempat pengeluaran Palembang.

“Untuk daging bebek petugas melakukan tindakan tegas untuk menimbulkan efek jera pada pelanggar, dengan melakukan tindakan karantina penolakan ke daerah asal pada hari yang sama,” jelas Akhir.

Halaman
123
Penulis: Alza Munzi
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved