Berita Pangkalpinang

Ini Alasan Mahasiswa Pilih Kuliah di Poltekes Kemenkes Pangkalpinang

mereka merasa tepat kuliah di Poltekkes Pangkalpinang. Selain bisa belajar, mereka bisa mengembangkan diri dan berprestasi di bidang

Ini Alasan Mahasiswa Pilih Kuliah di Poltekes Kemenkes Pangkalpinang
Bangkapos.com/Suhardi Wiranata
Dari kiri ke kanan: Nabila Eka Pratiwi, Loshelya Shandra Agatha dan Muhammad Raafi, Mahasiswa semester 1 Jurusan Gizi Poltekkes Pangkalpinang. Jumat (13/12/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Loshelya Shandra Agatha merasa bangga sudah menjadi bagian dari keluarga besar Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Pangkalpinang (Poltekkes Kemenkes) Propinsi Bangka Belitung.

Mahasiswi asal Air Gerarak Belitung, jurusan Gizi yang masih semester 1 ini memilih Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang untuk melanjutkan pendidikannya setelah lulus SMU.

"Bangga rasanya bisa masuk ke Poltekkes  Pangkalpinang. karena memang ingin kuliah dibidang kesehatan, saya merasa disini tempatnya dan yang saya tahu Poltekkes Pangkalpinang telah mencetak alumni bagus-bagus," Kata Loshelya saat ditemui bangkapos.com di Poltekkes Pangkalpinang, Jumat (13/12/2019).

Loshely juga menambahkan, mereka merasa tepat kuliah di Poltekkes Pangkalpinang. Selain bisa belajar, mereka bisa mengembangkan diri dan berprestasi di bidang non akademik. Mereka mendapatkan wawasan luas, tidak hanya seputaran dunia kesehatan.

"Kita bukan hanya belajar, tapi bisa berorganisasi, di kampus maupun luar kampus.Disini kita juga bisa menambah wawasan lebih luas lagi, tidak monoton tentang kesehatan saja.," kata Loshely.

Sementara itu, saat bangkapos.com menanyakan rencana setelah lulus dari Poltekkes Pangkalpinang. Jawaban mereka beragam.

"Jika bisa, saya ingin menjadi bagian dari Rumah Sakit (RS), Selain itu, saya ingin mengembangkan bisnis yang bergerak dibidang kesehatan juga," tutur Loshely.

Sementara itu Muhammad Raafi mengatakan, mereka memilih Poltekkes Pangkalpinang biaya kuliah cukup murah. Kemudian banyaknya program beasiswa juga meringankan beban mahasiswa.

"Karena ini Negeri, biayanya lebih murah, terus disini juga menyediakan beasiswa, seperti beasiswa berprestasi. Jadi jangan takut kalo gak ada biaya,"Imbuh Raafi.

 Sementara Raafi, lebih memilih mengabdikan dirinya untuk Negara dan berkarir bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Setelah lulus saya ingin melanjutkan ketingkat S1 dulu, saya juga akan melanjutkan ke TNI di bidang kesehatan. Saya ingin mengabdikan diri kepada Negara dan Masyarakat," beber Raafi.

Pada kesempatan ini pula, mereka juga memberikan tips dan trik kepada Siswa kelas XII yang ingin masuk ke Poltekkes Pangkalpinang.

"Lebih mudahnya tes lewat jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDB), Jangan lupa belajarnya lebih ditingkatkan. Setelah itu, ikuti kegiatan yang ada di sekolah, seperti organisasi-organisasi. Biar bisa memudahkan kita masuk ke sini," saran Loshely.

Lain halnya Raafi, sempat menjadi cadangan di Poltekkes Pangkalpinang. Ia katakan, kunci utama adalah jangan putus asa.

"Kepada adek-adek yang tidak lulus Jalur PMDB jangan takut dan jangan putus asa. Masih ada tes tertulis, saya juga pernah jadi cadangan. kalian bisa mencari kumpulan soal-soal tes tahun lalu di internet. Jangan takut, kuncinya DUIT (Doa, Usaha, ikhtiar dan Tawakal) serta minta restu kepada kedua orang tua kita,"pungkas Raafi. (Bangkapos.com/Suhardi Wiranata)

Penulis: Suhardi Wiranata
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved