Berita Pangkalpinang

Dekan Fisip UBB Ibrahim Sebut Kuliah Jangan Sekedar Gengsi

kemauan untuk terus belajar, membuka diri terhadap hal-hal baru, selalu belajar untuk rendah hati dan merasa kekurangan ilmu

Dekan Fisip UBB Ibrahim Sebut Kuliah Jangan Sekedar Gengsi
Istimewa/Ibrahim
Ibrahim, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), UBB.

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Ibrahim sebut kuliah harus diorientasikan ke substansi, bukan sekedar gengsi.

"Substansinya bahwa kuliah itu untuk mengasah kematangan mental, moral, dan intelektualitas. Orientasi kuliah karena sekedar tempat yang bergengsi dan di kota besar tidak substansial. Banyak calon mahasiswa masih berpikir bahwa kuliah di kota besar lebih bergengsi dan berkualitas dibandingkan kuliah di dalam daerah yang dianggap tidak keren dan kualitasnya rendah," ujar Ibrahim kepada bangkapos.com, Senin (16/12/2019).

Ia mengungkapkan bahwa f kesuksesan seseorang ditentukan oleh banyak faktor.

"Soal mentalitas menurut saya adalah hal utama. Mentalitas berkenaan dengan soal karakter, sementara karakter berkaitan dengan banyak aspek," kata Ibrahim.

Selain itu menurutnya, kemauan untuk terus belajar, membuka diri terhadap hal-hal baru, selalu belajar untuk rendah hati dan merasa kekurangan ilmu dan pengalaman adalah hal dasar yang umumnya tidak didapat dalam waktu singkat dan sekedar saat di bangku kuliah.

"Memang indeks prestasi masih dianggap penting, tapi kemampuan beradaptasi dengan pikiran yang luwes dan terbuka adalah hal yang tak kalah penting.

Seorang mahasiswa harus meramu banyak kemampuan sejak kuliah. Berorganisasi, bergaul dengan banyak komunitas, dan aktif mencari hal-hal baru adalah persoalan sensitif yang akan berkontribusi pada kapasitas diri seseorang.

Kelak ketika ia tampil ke publik, sosok demikian akan cepat beradaptasi dengan lingkungan sosial.

"Banyak orangtua selalu memaksakan anaknya untuk masuk jurusan tertentu karena pertimbangan soal kemudahan lapangan kerja, padahal tak sedikit yang sukses di luar bidang ilmunya. Ada banyak faktor, tapi saya kira mentalitas itu yang utama, moralitas hal kedua, dan intelektualitas itu yang mengikutinya," tegasnya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved