Breaking News:

11 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma, Simak Tipsnya

Sperma yang sehat dan berkualitas diidamkan oleh para pria. Sebab, sperma sehat berpengaruh dalam hubungan pernikahan

kompas.com/intisari
Momen saat sel sperma berusaha masu ke dalam sel telur. 

BANGKAPOS.COM-- Sperma yang sehat dan berkualitas diidamkan oleh para pria. Sebab, sperma sehat berpengaruh dalam hubungan pernikahan dan berkorelasi terhadap kesuburan. Meningkatkan kualitas sperma pun tak sulit, semuanya ada di genggaman kita.

Secara umum, kualitas sperma ditentukan oleh tiga indikator. Indikator tersebut yaitu jumlah sperma, kecepatan pergerakan sperma, dan bentuk sperma yang sempurna (kepala melingkar dan ekor panjang yang kuat).

Bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma? Ini tips-nya:

1. Berolahraga teratur namun tak berlebihan

Berolahraga, bahkan yang ringan sekalipun, membantu meningkatkan kuantitas, pergerakan, dan bentuk sperma. Studi juga menemukan, indeks massa tubuh yang tinggi namun aktivitas fisik rendah berkontribusi negatif terhadap kualitas sperma.

Kita bisa memilih jenis olahraga yang disukai dan dirasa bisa rutin dilakukan. Misalnya, jalan kaki 20 menit per hari atau melakukan push-up. Namun ingat, jangan berlebihan.

2. Batasi asupan kafein

Walau menyehatkan, kafein berisiko merusak DNA sperma dan menurunkan jumlahnya. Dengan demikian, kita disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi.

Dua cangkir per hari cukup untuk memberikan efek positif dan membuat kita terjaga.

3. Penuhi kebutuhan vitamin C

Halaman
1234
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved