Advertorial

Bupati Bangka Raih Tiga Penghargaan Indonesian Road Safety Award 2019

Pemerintah Kabupaten Bangka setelah memalui proses seleksi, kompetisi dan penjurian yang sangat ketat

Bupati Bangka Raih Tiga Penghargaan Indonesian Road Safety Award 2019
Istimewa/Humas Pemkab Bangka
Acara Penganugerahan Penghargaan Indonesia Road Safety Award 2019 yang dilangsungkan di Grand Ballroom Shangrilla Hotel Jakarta, Selasa, (17/12) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pemerintah Kabupaten Bangka setelah memalui proses seleksi, kompetisi dan penjurian yang sangat ketat, akhirnya ditetapkan sebagai pemenang sekaligus penerima penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019.

Penghargaan kali ini lebih prestisius dari penghargaan serupa yang pernah diterima Pemkab Bangka tahun 2017 dan 2018, karena diberikan kepada Pemkab Bangka sebagai pemenang untuk kategori excellent city atau kategori “best of the best” dalam pengelolaan keselamatan lalu lintas terbaik dari semua yang terbaik di Indonesia.

Indonesia Road Safety Award 2019 memperlombakan beberapa kategori yaitu kota dan kabupaten berkepadatan penduduk rendah, kota dan kabupaten berkepadatan penduduk tinggi serta kategori excellent yang diperlombakan khusus kepada daerah yang sudah 2 atau 3 kali menjadi juara umum.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Bappenas yang diwakili oleh Direktur Transportasi Bappenas, Ichwan Hakim, PhD dan Menteri Perhubungan yang diwakili Direktur Prasarana Transportasi Jalan Mohamad Risal Wasal kepada Bupati Mulkan,SH, MH pada acara Penganugerahan Penghargaan Indonesia Road Safety Award 2019 yang dilangsungkan di Grand Ballroom Shangrilla Hotel Jakarta, Selasa, 17 Desember 2019.

Dalam kompetisi kategori excellent ini Pemkab Bangka memenangkan Pilar Managemen Keselamatan Lalu Lintas dan Pilar Penanganan Pra dan Paska Kecelakaan serta Penghargaan khusus untuk penanganan paska kecelakaan terbaik di Indonesia.

Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH, menyatakan bahwa IRSA merupakan sebuah program yang digagas oleh Adira Insurance bekerja sama dengan Majalah SWA, BAPPENAS dan Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan sistem keselamatan di jalan raya dalam menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan sehingga tercipta keselamatan lalu lintas jalan.

Untuk capaian luar biasa ini, Bupati Bangka menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua stakeholder lalu lintas atas partisipasi dan kontribusinya.

"Penghargaan ini kami dedikasikan untuk semua masyarakat kabupaten Bangka," ungkap Mulkan.

Lebih lanjut Bupati Bangka, Mulkan menyatakan bahwa komitmen Pemkab Bangka ditunjukkan dengan memperbesar jumlah anggaran sektor perhubungan, pembentukan Dinas Perhubungan, Pemindahan Kantor Markas PSC 119 Sepintu Sedulang ke jalan Sudirmam, Penambahan 2 Pos PSC di Belinyu dan Puding Besar dan berbagai program konkrit keselamatan lalu lintas lainnya.

Komitmen lainnya adalah menjalin kolaborasi yang sangat baik dengan Polres Bangka untuk menjamin keberhasilan pengelolaan lalu lintas. Bersama Polres Bangka, Pemkab Bangka terus menjalankan program yang dapat menekan risiko atau angka kecelakaan di jalan.

"Kami berupaya untuk terus menekan dan mengurangi angka kecelakaan tersebut. Sehingga suatu saat nanti, Kabupaten Bangka diharapkan bisa menjadi Kabupaten Smart Living yang aman bagi para pengguna jalan," jelas Mulkan.

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto menyatakan bahwa pencapaian ini adalah pencapaian yang sangat luar biasa, karena kami meraihnya justru dikelas atau kategori excellent city, kategori tertinggi dalam penilaian IRSA. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa menajemen keselamatan lalu lintas kita sudah sangat unggul dengan mengalahkan 500-an lebih kabupaten lainnya di Indonesia.

Pan Budi Marwoto selanjutnya menyatakan bahwa dalam menjalankan program keselamatan berlalu lintas, Pemkab Bangka mengedepankan komitmen pada 5 pilar pembangunan berlalulintas, yaitu manajemen berkeselamatan, jalan berkeselamatan, kenderaan berkeselamatan, pengguna jalan berkeselamatan dan penanganan pra dan paska kecelakaan. Dalam menjalankan 5 pilar pembangunan ini, Pemkab Bangka berkolaborasi dengan seluruh stakeholder lalulintas, terutama dengan Polres Bangka.

"Prinsipnya Manajemen tata kelola lalu lintas kita perbaiki dengan seksama, jalan raya kita bangun dengan pendekatan berkeselamatan, pengguna jalan kita edukasi , penanganan pra dan paska kecelakaan kita nomor satukan, forum lalu lintas kita bentuk. Kendaraan berkeselamatan kita pantau terus kelayakannya. Bersama seluruh stakeholders, terutama Polres Bangka, kita dorong terus berbagai upaya perbaikan tata kelola berlalulintas," ungkap Pan Budi. (ADV.IKP/Dinkominfotik/2019/J2)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved