Berita Pangkalpinang

Disparbud Babel Ingatkan Masyarakat Jangan Rayakan Tahun Baru di Lokasi Ini

yang terjadi kecelakaan laut pengunjung berkunjung ke Pulau Lengkuas, Belitung, sehingga diharapkan kejadian itu tidak terulang kembali.

Disparbud Babel Ingatkan Masyarakat Jangan Rayakan Tahun Baru di Lokasi Ini
Bangkapos
Achmad Fajri, Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung menghimbau para masyarakat tidak melaksanakan perayaan tahun baru di objek wisata seperti dipinggir pantai karena rawan ombak besar dan cuaca buruk.

"Kami memang secara resmi belum mengirim surat ke Kabupaten/Kota untuk keamanan objek wisata merayakan malam tahun baru, namun hasil setelah rapat operasi lilin, ini kami membuat surat ke Gubernur untuk menghimbau objek wisata terutama dipinggir pantai, yang dianggap agak rawan,"ungkap Kabid Promosi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, Fajri Jejaka Hitam, kepada wartawan, Rabu (18/12/2019).

Ia menambahkan, bahwa jangan seperti tahun sebelumnya, yang terjadi kecelakaan laut pengunjung berkunjung ke Pulau Lengkuas, Belitung, sehingga diharapkan kejadian itu tidak terulang kembali.

"Ada di Pulau Lengkuas kecelakaan karena kepenuhan penumpang sehingga kapalnya terbalik ada korban dua orang, dari kejadian itu kita mengharapkan untuk tahun baru kali ini tidak terulang, kepada Kabupaten/Kota terhadap pelaku wisata dipinggir pantai agar mengantisipasi ombak besar perubahan iklim yang saat ini tidak begitu menentu,"lanjutnya.

Selain kepada para wisatawan yang diharapkan berhati-hati, ia juga mengingatkan kepada para pelaku usaha wisata untuk menjaga tempat dimana ia melaksanakan event perayaan tahun baru.

"Kami mencoba menghimbau kepada pelaku wisata yang menyelenggarakan pesta tahun baru, dipinggir pantai, namun bencana alam terjadi memang kuasanya, namun kami mengharapkan untuk acara tahun baru kami sampaikan untuk mendirikan panggung jaraknya 100 meter dari pinggir pantai, untuk meminimalisir terjadi dampat terjadinya bencana gelombang tinggi,"tukasnya.

Fajri menjelaskan untuk event yang ada di Pulau Bangka pada perayaan tahun baru, yaitu ada festival Jazz dan reggae yang dilaksanakan di Pantai Batu Bedaun, Sungailiat.

"Untuk event paling tahun baru di Kabupaten Bangka di Pantai Batu Bedaun, Festival Jazz, pemutaran film Martabak Bangka, yang mengundang dan menargetkan pengunjung sampai 1.000 sampai 5.000 pengunjung,"tukasnya. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved