Berita Bangka Tengah

Kampung Nelayan Maju Jadi Program Unggulan 2020 Dinas Perikanan Bateng

ka program unggulan di Bateng mengikuti road map dari KKP, satu diantara program unggulan untuk nelayan

Kampung Nelayan Maju Jadi Program Unggulan 2020 Dinas Perikanan Bateng
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Taufik. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Taufik bersama beberapa staffnya, minggu kemarin mengunjungi Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) guna menyampaikan beberapa program unggulan DKP Bateng.

Taufik mengatakan jika program unggulan di Bateng mengikuti road map dari KKP, satu diantara program unggulan untuk nelayan tersebut adalah di tahun 2020-2024 akan dikembangkan program yang namanya "Kampung Nelayan Maju".

"Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi dan taraf hidup masyarakat nelayan, dan kita bersyukur nilai tukar nelayan kita semakin bertambah, di tahun 2019 nilai tukar nelayan kita 116, dibanding 2018 nilai tukarnya 106, jauh meningkat," ujar Taufik, Rabu (18/12) di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan ada beberapa kriteria dari kampung nelayan maju, diantaranya 60 persen masyarakat di desa tersebut berprofesi sebagai nelayan.

Di Bateng sendiri yang menurutnya sudah memenuhi persyaratan tersebut adalah Desa Kurau, Kecamatan Sungaiselan, Desa Batu Beriga, dan Desa Batu Belubang. Yang mayoritas masyarakatnya berprofrsi sebagai nelayan.

Program unggulan selanjutnya adalah Kapal dan Alat Penangkapan Ikan (KAPI), yang akan diusulkan oleh pihaknya ke KKP, terutama untuk kapal diatas tiga gross ton. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved