Erzaldi: Saya Mau 10 Persen Bibit Udang Vannamei Berasal Dari Sini

Saya kesini untuk melakukan perencanaan agar Balai Benih Ikan Tanjung Kerasak ini dapat berkonsentrasi pada benih udang vannamei,

Erzaldi: Saya Mau 10 Persen Bibit Udang Vannamei Berasal Dari Sini
Diskominfo Prov. Babel
Gubernur Babel saat berkunjung ke BBI Tanjung Krasak, Bangka Selatan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Bangka Belitung salah satu daerah kepulauan yang memiliki potensi laut yang cukup banyak. Namun sebagian besar masyarakat masih belum bisa menggali potensi ini secara maksimal. Untuk itu berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui potensi laut.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat melakukan kunjungan kerja ke Balai Benih Ikan Tanjung Kerasak, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Senin (23/12/2019).

" Saya kesini untuk melakukan perencanaan agar Balai Benih Ikan Tanjung Kerasak ini dapat berkonsentrasi pada benih udang vannamei, " ungkap Erzaldi.

Dijelaskannya, saat ini pertumbuhan tambak udang vannamei di BBI Tanjung Kerasak ini mencapai 1.400 ha. Menurutnya ini harus diperdayakan agar target yang diinginkan adalah 10 persen ketersediaan bibit udang vannamei berasal dari BBI ini.

" Saya ingin 10 persen kebutuhan bibit udang vannamei ini berasal dari sini. Sebelum itu silahkan persiapkan apa saja yang harus dibutuhkan untuk mencapai target itu, " ungkapnya.

Kedepan, untuk meningkatkan produksi bibit udang vannamei, Erzaldi akan menambah tiga bangunan gedung khusus hatchery udang vannamei. Pembangunan gedung pertama akan dilakukan di awal tahun 2020, kemudian pembangunan kedua dan ketiga akan dilakukan di anggaran perubahan. Satu gedung yang sudah tersedia akan direnovasi.

Ia mengatakan dalam waktu dekat akan berdiskusi dengan para pengusaha ikan dan juga mengundang asosiasi penambak udang vannamei untuk membicarakan hal-hal yang dibutuhkan dan menjadi kendala dalam perkembangbiakan benih udang vannamei.

" Dalam waktu dekat saya akan berbincang dan berdiskusi dengan para pengusaha ikan dan akan mengundang asosiasi penambak udang vannamei untuk berbicara lebih detail tentang perkembangbiakan benih udang vannamei, " ujar Erzaldi.

Selain udang vannamei, Ia juga mengungkapkan bahwa ekspor dan budi daya ikan kerapu dari Bangka Belitung terus mengalami peningkatan. Ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan udang dan ikan kerapu meningkat namun ketersediaannya sedikit. Oleh sebab itu, tahun 2020 kapasitas benih udang vannamei dan ikan kerapu harus lebih ditingkatkan.

" Potensi laut yang ada harus dikembangkan, kita dorong. Sehingga hasilnya dapat dirasakan langsung oleh pengusaha ikan dan udang, juga masyarakat. Ini juga tentu dapat membantu pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung, " tegasnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved