Komisoner Ombudsman RI Alamsyah Saragih Nilai Sel Setya Novanto Saat Ini Sudah Tak Semewah Dulu

Ini ia sampaikan menanggapi inspeksi mendadak (sidak) tim Ombudsman yang dipimpin Adrianus Meliala ke Lapas Sukamiskin baru- baru ini.

Komisoner Ombudsman RI Alamsyah Saragih Nilai Sel Setya Novanto Saat Ini Sudah Tak Semewah Dulu
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Adrianus Meliala dari Ombudsman (kanan) dan Liberti Sitinjak selaku Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar saat berada di kamar Nazarudin di Lapas Sukamiskin, Jumat (20/12/2019). 

‎BANGKAPOS.COM - ‎Komisioner Ombudsman Alamsyah Saragih berpendapat kondisi kamar Setnov saat ini tidak lagi semewah dulu ketika sidak pada Kamis (13/9/2018) silam.

Ini ia sampaikan menanggapi inspeksi mendadak (sidak) tim Ombudsman yang dipimpin Adrianus Meliala ditemani Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak dan ‎Kalapas Sukamiskin Abdul Karim ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019).

Pada sidak tersebut, Ombudsman menemukan sel terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto (Setnov) lebih luas dari ‎sel narapidana yang lainnya.

Bahkan, tim juga menemukan ‎toilet, lukisan, kitchen set, teras kayu, meja kursi, wastafel dari marmer hingga gembok sidik jari di kamar mantan Ketua Umum Golkar tersebut.

"‎Kemarin kami cek masih ada kemewahan atau tidak. Ternyata sudah jauh lah dibandingkan dulu. Kalau dulu kan mewah sekali. Artinya ada macam-macam. Sekarang sudah tidak seperti itu," tuturnya
saat ditemui di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (20/12/2019).

Komisioner Ombudsman Alamsyah Saragih (Theresia Felisiani/Tribunnews.com)
Komisioner Ombudsman Alamsyah Saragih (Theresia Felisiani/Tribunnews.com)

Diketahui pada 2018 lalu, foto kamar Setnov tersebar di media sosial dan menjadi perbincangan hangat.

Ini karena kamarnya sangat besar dengan perabotan tertata rapi. Pemandangan berbeda tampak di sel narapidana lainnya yang kumuh dan kecil.

Dinding sel Setnov dilapisi pylwood. Isi selnya bukan seperti kamar tahanan, tapi layaknya sedang menginap di hotel mewah.

Sebelumnya, tim dari Ombudsman Republik Indonesia menemukan fasilitas khusus dan mencolok di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Hal ini ditemukan saat Ombudsman mengecek Lapas tersebut, Jumat (20/12/2019).

Halaman
1234
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved