Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Masyarakat Pelosok Harus Bisa Nikmati Jaringan Internet, Tapi Sinyal Masih Terbatas

telekomunikasi termasuk bentuk layanan publik yang harus disediakan oleh pemerintah di daerah bagi masyarakat.

Istimewa
Ketua LP5 Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik (LP5) Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin, mengatakan terkait zaman yang serba menggunakan teknologi digital pada alat-alat elektronik.

Diantaranya seperti telepon seluler atau android dengan mengunakan jaringan internet memang tidak hanya dinikmati oleh masyarakat perkotaan ataupun masyarakat di Ibukota kabupaten maupun Ibukota provinsi saja.

"Akan tetapi masyarakat di pedesaan maupun di pelosok-pelosok yang terisolir pun harus dapat menikmatinya,"kata Jumli kepada wartawan, Senin (23/12/2019).

Menurutnya, telekomunikasi termasuk bentuk layanan publik yang harus disediakan oleh pemerintah di daerah bagi masyarakat.

Setiap masyarakat berhak untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik dan berkualitas termasuk pelayanan Telekomunikasi tersebut.

"Di Bangka Belitung belum semuanya layanan jaringan internet terkoneksi terutama di pedesaan. Terlebih lagi diwilayah pedesaan yang terpencil atau pelosok. Bahkan tidak adanya atau lemahnya signal jaringan internet sering dikeluhkan masyarakat pedesaan yang menggunakan jaringan internet,"ungkapnya.

Saat ini, sambungnya penyelenggaraan pelayanan publik sudah digiatkan menggunakan aplikasi internet yang bertujuan untuk memudahkan dan transparansi bagi masyarakat mendapatkan layanan publik.

"Sebab itu pemerintah di daerah memang perlu untuk bersinergi dan bekerjasama dengan pihak Telekomunikasi dalam memperluas dan peningkatan kualitas signal jaringan Telekomunikasi secara merata bagi masyarakat di Bangka Belitung, apalagi bagi untuk masyarakat di pedesaan dan sampai ke pelosok yang terisolir,"tukasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya upaya untuk penguatan sinyal jaringan Telekomunikasi dari pemerintah Provinsi Bangka Belitung bersinergi dan bekerjasama dengan pihak Telkomsel sudah jelas memudahkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Masyarakat dapat memanfaatkan akses layanan data maupun informasi yang lebih mudah dan cepat. Memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan pihak diluar daerah atau wilayahnya. Serta dapat membantu efektifitas masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Signal jaringan dengan memiliki sinyal kuat sudah pasti memudahkan masyarakat untuk saling berinteraksi,"ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, sambungya dengan jaringan signal yang baik, tentunya juga dapat mendukung potensi wisata di daerah-daerah pedesaan maupun pulau-pulau terpencil atau terisolir di Bangka Belitung.

"Diharapkan sinergi dan kerjasama tersebut harus betul-betul dapat diimplementasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai dengan maksud dan tujuan dari MoU tersebut,"tukasnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved