Gerhana Matahari Cincin

Waktu Terbaik Lihat Gerhana Matahari Cincin di Bangka Belitung, Pergi ke Daerah ini Pas Buat Liburan

Momennya juga dinilai pas karena bertepatan dengan libur sekolah dan natalan.

Posbelitung.com
Penampakan Gerhana Matahari Total yang dilihat dari Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Rabu (9/3/2016) pukul 07.23 WIB. 

BANGKAPOS.COM - Fenomena gerhana matahari cincin pada Kamis (26/12/2019) ini  bisa disaksikan di banyak wilayah di Indonesia, termasuk Provini Kepulauan Bangka Belitung.

Momennya juga dinilai pas karena bertepatan dengan libur sekolah dan natalan.

Bangkapos.com merangkum waktu dan tempat terbaik bagi anda yang ingin menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin ini di Negeri Laskar Pelangi.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin yaitu gelap di tengahnya dan terang di pinggirnya.

Demikian disampaikan dalam rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang disampaikan melalui Kepala UPT BMKG Buluh Tumbang, Tanjungpandan, Carles Siregar.

Jadwal & Waktu Melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember di Indonesia Termasuk di Bangka Belitung

Meskipun peristiwa GMC dapat diprediksi dengan baik, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi tersebut dengan siklus tertentu. Di Tanjungpandan, Belitung, GMC diprediksi akan mulai pukul 10.41 WIB dan puncaknya pada 12.38 WIB. Lalu berakhir pada 14.24 WIB.

"Jadi durasi gerhana 3 jam 45 menit," ujarnya.

Menurutnya, pada gerhana matahari cincin (GMC) 26 Desember mendatang, Indonesia menjadi wilayah yang dilewati jalur cincin.

Di samping negara lainnya seperti Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra Hindia, Singapura, Malaysia dan Samudra Pasifik.

Halaman
1234
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved