Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin di Belitung Hanya Terfokus di Pantai Tanjung Kelayang, Durasi 3 Jam 45 Menit

Gerhana Matahari Cincin hanya terfokus di satu lokasi saja di Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Gerhana Matahari Cincin di Belitung Hanya Terfokus di Pantai Tanjung Kelayang, Durasi 3 Jam 45 Menit
bmkg
Gerhana Matahari Cincin atau GMC 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan untuk lokasi pemantauan Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Negeri Laskar Pelangi, hingga sekarang ini hanya terfokus di satu lokasi saja di Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

GMC ini akan berlangsung Kamis (26/12/2019). GMC akan muncul pada pukul 10.41 WIB dan berakhir 14.27 WIB. Sedangkan puncak dari GMC ini, pukul 12.38 WIB.

"Berkemungkinan hanya fokus di satu lokasi saja untuk pemantauan itu. Sampai hari ini belum ada yang konfirmasi untuk lokasi pemantauan ini, baru yang dari Pemkab itu saja di Tanjung Kelayang," kata Hermanto kepada Posbelitung.co, selasa (24/12/2019).

Untuk persiapan GMC, Pemerintah Kabupaten Belitung sudah membagi tugas di setiap masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Ya secara kegiatan, kami sudah menyediakan lokasi dan beberapa fasilitas lain nya. Misalkan seperto sound sistem, meja kursi, dan air wudhu," ujarnya.

Durasi 3 Jam 45 Menit

Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Akibatnya saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin yaitu gelap di tengahnya dan terang di pinggirnya.

Hal tersebut tertulis dalam rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang disampaikan melalui Kepala UPT BMKG Buluh Tumbang, Tanjungpandan, Carles Siregar.

Meskipun peristiwa GMC dapat diprediksi dengan baik, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi tersebut dengan siklus tertentu. Di Tanjungpandan, Belitung, GMC diprediksi akan mulai pukul 10.41 WIB dan puncaknya pada 12.38 WIB. Lalu berakhir pada 14.24 WIB.

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved