Advertorial

Pemprov Babel Permudah Pasien Kanker Untuk Menjalankan Pengobatan

“Saya menginformasikan bahwa RSUP Babel sudah bisa melayani pasien penderita Cancer dan penggunaan fasilitas BPJS mekanismenya sama,”

Pemprov Babel Permudah Pasien Kanker Untuk Menjalankan Pengobatan
Diskominfo Babel
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat kunjungan ke sejumlah gereja, memantau pelaksaan malam Natal 

BANGKAPOS.COM,-- Meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat Bangka Belitung, Gubernur Erzaldi Rosman menjelaskan bahwa Rumah Sakit Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (RSUP) sudah bisa menerima pasien penderita Cancer.

Hal ini diungkapkannya disela kunjungannya ke Gereja Pantekosta Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, Selasa (24/12).

Dalam kunjungan ini, Gubernur Erzaldi bertemu dengan salah seorang jamaah Gereja Pantekosta yang juga penderita Cancer.

Berkesempatan bertemu Gubernur Erzaldi, Jamaah yang diketahui bernama Ester menceritakan riwayat Cancer yang dideritanya dan perjalanan pengobatannya hingga ke Rumah Sakit di Malaysia.

“Saya menginformasikan bahwa RSUP Babel sudah bisa melayani pasien penderita Cancer dan penggunaan fasilitas BPJS mekanismenya sama,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya untuk penanganan Cancer, sistem yang digunakan RSUP Babel berbentuk kerjasama dengan Rumah Sakit Mohammad Hoesin, Palembang.

mekanismenya, pasien Cancer bisa langsung berobat ke RSUP Babel, kemudian akan dilayani oleh dokter yang didatangkan dari RS. Moh Hoesin.

Sistem ini diharap dapat membantu meringankan pasien dan keluarganya untuk lebih mudah dalam pengobatan dan tentunya biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih sedikit ketimbang harus terbang bolak balik ke Jakarta atau Kota lain bahkan ke luar Negeri.

“Yang terpenting adalah semangat untuk sembuh dan sehat kembali,” ungkapnya kepada Ester untuk memberikan semangat terus berusaha dalam pengobatan.

Kerjasama Sister Hospital

Sejak 2018 Rumah Sakit Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno menjalin kerjasama dengan 4 (empat) Rumah Sakit. Program ini diberi nama Sister Hospital, Rumah Sakit dan bentuk fasilitasnya antara lain:
1. RS. Cipto Mangun Kusumo Jakarta, menangani bedah saraf dan pain managent.
2. RS. Jantung Harapan Kita Jakarta, menangani Pasien Jantung.
3. RS. Mohammad Hoesin Palembang, menangani Cancer hingga Kemoterapi.
4. RS. Persahabatan Jakarta, menangani Bedah Torak.

Tujuan program ini selain sebagai transfer pengetahuan antar Rumah Sakit, juga memotong mata rantai masyarakat Babel sebagai pasien untuk lebih mudah dan mendapat pelayanan pengobatan tanpa harus terbang ke luar daerah.

Selain itu karena perjanjian kerja sama ini, recomendasi atau pasien rujukan dari RSUP Babel dengan tujuan empat Rumah Sakit ini mendapatkan prioritas dan lebih cepat dalam penanganannya.

Bahkan RSUP Babel, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno tahun 2019 ini mendapat penghargaan dari RSCM Jakarta karena komitmen kerjasamanya yang sudah terjalin berjalan baik.

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved