Info Kesehatan

5 Penyebab Insomnia, Perhatikan Gangguan Psikologis

Kualitas dan kuantitas tidur akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang, paling tidak seseorang butuh tidur 8 jam dalam sehari

5 Penyebab Insomnia, Perhatikan Gangguan Psikologis
istimewa
dr. Hasri Nopianto di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kualitas dan kuantitas tidur akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang, paling tidak seseorang butuh tidur 8 jam dalam sehari agar dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Ketika seseorang sulit tidur atau dikenal dengan istilah insomnia, maka hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Hasri Nopianto memberikan penjelasan mengenai penyebab insomnia yang perlu diketahui.

1. Gangguan psikologi seperti gangguan kecemasan atau panik serta gangguan psikosis misalnya penyakit skizofrenia atau gangguan suasanan hati seperti bipolar.

2. Gangguan kesehatan di antaranya gangguan hormon seperti penyakit hiperteriodisme, gangguan jantung seperti gagal jantung, bisa juga karena gangguan pencernaan.

3. Gaya yang tidak sehat seperti merokok, penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif), mengkonsumsi minuman alkohol atau kafein secara berlebihan.

4. Gangguan karena pengaruh obat-obatan saat mengkonsumsi obat anti depresan atau obat asma.

5. Gangguan karena pengaruh lingkungan suara yang terlalu berisik, lampu yang terlalu terang dan suhu yang terlalu dingin atau panas sehingga menganggu saat tidur.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved