VIDEO: Teknik Budidaya Tanaman Hidroponik, Solusi Bercocok Tanam di Lahan Sempit

Hidroponik merupakan salah satu teknik bercocok tanam yang tepat bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan yang memiliki luas lahan pertanian minim

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Hidroponik merupakan salah satu teknik bercocok tanam yang tepat bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan yang memiliki luas lahan pertanian sangat minim, sehingga mereka bisa memanfaatkan ruang terbuka di sekitar rumahnya untuk bercocok tanam.

Dosen Agroteknologi, Universitas Bangka belitung, Herry Marta Saputra merupakan satu di antaranya yang memilih bercocok tanam dengan menggunakan teknik hidroponik.

Ia mengatakan, hidroponik memiliki beberapa keunggulan, di antaranya pemupukan tanaman langsung pada media air, sehingga penyiraman dan pemupukan lebih efisien dan efekfif, tidak perlu penyiangan gulma, penyiraman tidak perlu dilakukan secara manual dan hasil panen lebih bersih, terhindar dari hama, rasa dan tekstur lebih enak.

Diakuinya bahwa teknik DFT lebih aman untuk digunakan di Bangka Belitung karena kelistrikan yang belum stabil.

"Jika menggunakan DFT walaupun mati lampu, sayur bisa bertahan karena ada tampungan air di bawahnya.

Bedanya jika menggunakan teknik NFT ketika mati lampu harus menggunakan genset jika tidak, sayur tersebut akan gagal panen" kata Herry,

Ia mengatakan, hidroponik juga mengunakan pupuk sebagai nutrisinya. Pupuk yang digunakan yaitu AB mix.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved