Advertorial

Tingkat Pelayanan Pemenuhan Hak untuk Bangun Disabilitas Unggul

Pemerintah Provinsi Babel melalui dinas sosial terus berusaha memenuhi hak-hak penyandang disabilitas.

Tingkat Pelayanan Pemenuhan Hak untuk Bangun Disabilitas Unggul
Ist/Dinsos Babel
Para penyandang disabilitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berfoto bersama 

Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pemerintah Provinsi Babel melalui dinas sosial terus berusaha memenuhi hak-hak penyandang disabilitas. 

Seperti yang diingatkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI)agar  menjadikan Hari Disabilitas Internasional (HDI) sebagai momen meneguhkan komitmen pemerintah, dan lembaga dan masyarakat terkait pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. 

Tema yang diusung “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul” merupakan sebuah cita-cita besar Bangsa Indonesia yang benar-benar inklusif. Setara semua pihak, semua golongan, termasuk penyandang disabilitas.

Indonesia inklusi berarti disabilitas dapat memperoleh kesempatan yang sama. Pembangunan inklusi harus menjadi arus utama dan terintegrasi di semua sektor pembangunan, dan melibatkan penyandang disabilitas.

"Penyandang disabilitas memiliki hak hidup, bebas dari stigma, keadilan dan perlindungan hukum, pendidikan, pekerjaan, kesehatan, politik, pelayanan publik, pendataan, bebas dari diskriminasi, dan hak lainnya yang dijamin dalam undang-undang.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung menaruh Perhatian dan Pelayanan untuk penyandang Disabilitas salah satunya dengan menyusun regulasi yang mengatur perlindungan dan pelayanan terhadap disabilitas yang tertuang  dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat, yang kedepannya akan direvisi sesuai dengan Undang-undang tentang pelayanan terhadap disabilitas yang baru.

“Peraturan Daerah merupakan komitmen pemerintah daerah Provinsi Babel untuk memberikan Pelayanan maksimal kepada penyandang Disabilitas untuk menghasilkan Disabilitas unggul,” ungkap Dyah Yuni Utari.

Menurut Dyah Yuni Utari, dalam Bab IV Peraturan Daerah merinci hak dan kewajiban penyandang Disabilitas.

Para penyandang disabilitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berfoto bersama
Para penyandang disabilitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berfoto bersama (Ist/Dinsos Babel)

Dalam Bab IV pasal 5 menjelaskan Setiap Penyandang cacat mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan. Sedangkan Pasal 6 menjelaskan setiap penyandang cacat berhak memperoleh: 

Halaman
12
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved