Advertorial

Bupati Markus Apresiasi Desa Telak Parittiga Wakili Babel Lomba PHBS Nasional

Komitmen Pemkab Bangka Barat untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

Bupati Markus Apresiasi Desa Telak Parittiga Wakili Babel Lomba PHBS Nasional
Ist
Bupati Markus berpose sambil memegang piala Swastisaba Wistara 2019 dari Kemenkes dan Kemendagri 

BANGKAPOS.COM - Komitmen Pemkab Bangka Barat untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat semakin mendapat pengakuan di tingkat nasional.

Setelah dua kali berturut-turut meraih penghargaan kabupaten sehat kategori swastisaba wistara dari kementerian kesehatan (Kemenkes) dan kementrian dalam negeri (Kemendagri), penghargaan terbaik Kemendagri kategori inovasi program stunting, juga juara III nasional pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) warga Desa Buyan Kelumbi Kecamatan Tempilang pada 2016 lalu, kali ini giliran desa Telak kecamatan Parittiga yang akan mewakili Bangka Barat dan Bangka Belitung (Babel) pada lomba PHBS nasional pada 2020.

Bupati Bangka Barat, Markus SH, menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terpilihnya desa Telak untuk bersaing pada lomba PHBS 2020 mendatang.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat maka gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) haruslah mengakar dan menjadi budaya masyarakat.

"PHBS perlu menjadi budaya di masyarakat kita karena sangat penting dalam menjaga kebersihan. Budaya PHBS ini harus dimulai dari keluarga dan lingkungan sekitar," ujar Markus di Muntok, Senin (30/12).

Sekretaris Dinkes Bangka Barat, dr. Hendra menjelaskan terkait keikutsertaan desa Telak pada lomba PHBS ini, pihaknya bekerja sama dengan desa dan provinsi akan segera mengirimkan profil desa ke tingkat pusat paling lambat 10 Januari 2020.

Melihat profil persiapan desa Telak sejauh ini, dirinya optimis desa Telak mampu menjadi yang terbaik di tingkat nasional nantinya.

Sementara soal indikator yang jadi penilaian lomba PHBS, dokter Hendra menyebut antara lain, tidak BAB sembarangan, tidak merokok di dalam rumah, konsumsi buah dan sayur setiap hari. Selain itu, melakukan aktifitas fisik setiap hari, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

"Indikator-indikator ini telah dimiliki desa Telak sehingga kita sangat optimis mereka bakal jadi yang terbaik," pungkasnya. [Humas Pemkab Bangka Barat]

Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved