Cara Bersihkan Rumah Setelah Terkena Banjir Agar tidak Menjadi Sarang Penyakit

Selain itu, bersih-bersih setelah banjir juga harus dilakukan dengan segera mengingat kuman yang dibawanya akan berdampak buruk pada kesehatan.

Cara Bersihkan Rumah Setelah Terkena Banjir Agar tidak Menjadi Sarang Penyakit
instagram yunishara36
Rumah Yuni Shara banjir 

BANGKAPOS.COM--Tak sedikit rumah di Jakarta mengalami kebanjiran setelah diguyur hujan deras sejak Rabu, (1/1/2020) termasuk di seluruh wilayah Indonesia yang terkena banjir, di antaranya wilayah Jabodetabek.

Selain menghambat aktivitas, banjir juga menimbulkan dampak yang tidak mengenakkan setelah air surut. Kita harus membersihkan rumah secara total karena air yang masuk tentu bukanlah air bersih.

Selain itu, bersih-bersih setelah banjir juga harus dilakukan dengan segera mengingat kuman yang dibawanya akan berdampak buruk pada kesehatan.

Apalagi air serta lumpur dan kotoran yang masuk bisa merusak perabotan, dinding, struktur rumah lainnya, dan mengganggu kesehatan di lingkungan dalam rumah. Ingatlah bahwa beberapa perabotan memerlukan perlakuan berbeda dari perabotan lainnya karena lebih mudah rusak, seperti karpet, kertas dinding, furnitur, dan lainnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika harus membersihkan bekas banjir di dalam rumah?
Berikut tipsnya, seperti dilansir dari laman kompas.com :

1. Hubungi Pihak Asuransi

Jika rumahmu dilindungi oleh asuransi, hubungilah pihak asuransi dan tanyakan kerusakan apa saja yang dapat ditangani. Jika sudah mendapatkan informasinya, buatlah daftar kerusakan barang dan dokumentasikan menggunakan foto atau video. Sebab, kamu membutuhkan dokumen lengkap untuk mengklaim asuransi tersebut.

2. Barang Terkontaminasi Lumpur

Bersihkan lumpur-lumpur yang masuk sebersih mungkin, kemudian gunakan semprotan kebun atau selang untuk membersihkannya secara maksimal. 3. Bersihkan setiap permukaan Setelah rumah bersih dari lumpur, bersihkan rumah dan permukaan perabotan. Lap permukaan tersebut menggunakan air panas dan sabun pembersih. Jika perlu, lakukan disinfeksi menggunakan larutan 1/4 cangkir pemutih klorin per galon air atau produk yang diberi berlabel desinfektan untuk membunuh kuman.

4. Dapur

Halaman
1234
Penulis: Dedy Purwadi
Editor: nurhayati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved