Berita Bangka Tengah

Mau Ikut Kontes Durian Lokal Unggul Air Mesu? Ini 5 Hal yang Jadi Penilaian Dewan Juri

Kontes Durian Lokal Unggul, pada 7 Desember 2019 di Lapangan Bola Desa Air Mesu Bangka Tengah

Mau Ikut Kontes Durian Lokal Unggul Air Mesu? Ini 5 Hal yang Jadi Penilaian Dewan Juri
istimewa
Ilustrasi - Durian Super Tembaga milik Pak Muklis 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Untuk sistem penilaian pada Kontes Durian Lokal Unggul, pada 7 Desember 2019 di Lapangan Bola Desa Air Mesu Bangka Tengah.

Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Siti menjelaskan kriteria penilaian oleh dewan juri.

Ia mengatakan setidaknya ada lima aspek yang menjadi penilaian seperti penampilan luar, penampilan dalam, pongge, rasa, dan keunikan.

Ia menjabarkan jika bobot penilaian paling tinggi ada pada aspek rasa, bobotnya mencapai 40 persen penilaian, kedua adalah pongge dengan 25 persen, ketiga penampilan dalam dengan 20 persen, keempat penampilan luar 10 persen, dan terakhir keunikan dengan bobot nilai 5 persen.

"Jadi yang paling menentukan itu dari segi rasa, itu bisa dari tingkat kemanisan, aroma, dan umami," ujar Siti, Jumat (3/1) kepada bangkapos.com

Durian Super Tembaga milik Pak Muklis
Durian Super Tembaga milik Pak Muklis (istimewa)

Pemenang Bakal Maju ke Kontes Durian Tingkat Provinsi

Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung rencananya Sabtu (11/1/2020) akan menggelar kontes dan bazar durian, di Halaman Kantor Gubernur Babel.

Untuk ikut menyemarakan agenda tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah juga akan ikut andil untuk mengirimkan perwakilan di perlombaan tersebut.

Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Siti mengatakan jika Kabupaten Bangka Tengah juga akan menggelar event serupa.

"Nanti kita seleksi dulu untuk yang di Kabupaten Bangka Tengah, nanti yang juara di kabupaten akan kami ikut sertakan di provinsi," ujar Siti, Jumat (3/1) kepada bangkapos.com

Ia juga mengatakan jika Kabupaten Bangka Tengah sudah cukup percaya diri untuk mengirimkan juaranya ke perlombaan tingkat provinsi.

Bangka Tengah memiliki durian unggulan seperti durian asal Desa Air Mesu dan Desa Belimbing.

Agar nantinya durian asal Bangka Tengah bisa tampil memukau di perlombaan tingkat nasional.

Siti mengatakan jika untuk perawatan yang bisa menghasilkan rasa yang baik, dan tampilan yang bagus maka perawatan utama ada pada pemupukan. 

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved