Kriminalitas

Tujuh Oknum Polisi di Polda Bangka Belitung Dipecat, Terjerat Kasus Narkoba Hingga Asusila

Pihak kepolisian di Polda Kepulauan Bangka Belitung tak main-main melakukan tindakan tegas terhadap oknum polisi yang melakukan pelanggaran.

Tujuh Oknum Polisi di Polda Bangka Belitung Dipecat, Terjerat Kasus Narkoba Hingga Asusila
Youtube
Ilustrasi Oknum Polisi dipecat 

Tujuh Oknum Polisi di Polda Bangka Belitung Dipecat, Terjerat Kasus Narkoba Hingga AsusilaBANGKAPOS.COM-- Pihak kepolisian di Polda Kepulauan Bangka Belitung tak main-main melakukan tindakan tegas terhadap oknum polisi yang melakukan pelanggaran. Bahkan beberapa oknum kepolisian di Polda Babel ini dipecat karena melakukan berbagai pelanggaran.

Dikutip dari Kompas.com sebanyak tujuh anggota polisi di lingkungan Polda Kepulauan Bangka Belitung terkena Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) sepanjang 2019.

Pemberhentian itu dilakukan dengan latarbelakang berbagai kasus hukum.

"Umumnya karena narkoba, kemudian ada desersi dan perselingkuhan," kata Kepala Polda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Anang Syarif Hidayat saat jumpa pers akhir tahun, Senin (30/12/2019).

Anang menuturkan, tindakan pemberhentian tidak bisa menjadi jaminan bahwa kasus serupa tidak akan terulang lagi.

Hal itu disebabkan banyaknya jumlah anggota kepolisian serta dinamika yang kian beragam setiap tahunnya.

"Namun, PTDH ini setidaknya bisa menekan tindakan indisipliner anggota. Misalnya potensi ada 10 yang melakukan cuma 1 karena tahu PTDH,"  ungkap Anang.

Untuk permasalahan narkoba, kata Anang, pimpinan sejak jauh-jauh hari telah memberikan peringatan. Siapa pun yang terlibat bakal ditindak tegas.

Itu sejalan dengan upaya pemberantasan narkoba dari semua lini.

Sementara untuk kasus perselingkuhan atau asusila sangat tergantung dengan pihak yang terlibat permasalahan, sebab kasus tersebut masuk delik aduan. Bisa dicabut oleh pihak pelapor dan berakhir damai jika ada kesepakatan.

Selain itu, anggota kepolisian juga bisa diberhentikan jika terlibat pidana umum lainnya dengan ancaman hukuman di atas lima tahun. 

"Jadi kami mengimbau agar anggota polisi bekerja profesional dan bersyukur atas capaian selama ini. Mudah-mudahan pada waktu berikutnya menjadi lebih baik," harap Anang. (Kompas.com/Kontributor Pangkalpinang, Heru Dahnur)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 7 Polisi Babel Dipecat karena Kasus Narkoba dan Perselingkuhan

Editor: nurhayati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved