VIDEO: Kepala Kemenag Bangka Ungkap Faktor Penyebab Pernikahan Dini

Kemenag Bangka melakukan sosialisasi soal bahaya pernikahan dini dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dukcapil dan lainnya dengan sasaran

BANGKAPOS.COM - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka H Paidi mengatakan salah satu upaya Kementerian Agama RI dalam mengatasi atau menekan jumlah angka pernikahan dini atau pernikahan di bawah umur dengan memberlakukan Undang-Undang (UU) No 18 Tahun 2018; tentang Pernikahan, di mana membatasi usia menikah untuk laki-laki dan wanita, yakni minimal usia 19 tahun boleh menikah.

"Kalau Undang-Undang sebelumnya batas usia boleh menikah untuk perempuan 16 tahun dan laki-laki 19 tahun, tetapi sekarang ini keduanya berusia minimal 19 tahun," kata H Paidi usai kegiatan upacara bendera Hari Amla Bhakti (HAB) Ke 74 Kemenag RI di halaman Kantor Kemenag Bangka, Jumat (03/01/2019).

Ditambahkannya, selain itu Kemenag Bangka melakukan sosialisasi soal bahaya pernikahan dini dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dukcapil dan lainnya dengan sasaran ke sekolah-sekolah.

"Kita juga memberikan materi pembekalan pranikah kepada para anak-anak SMA/MA sederajat, apalagi mereka yang tidak kuliah itu mungkin sekitar dua atau 3:tahun lagi sudah memenuhi syarat untuk bisa menikah," tukasnya.

Ditambahkannya, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pernikahan dini, seperti faktor orangtua, faktor ekonomi, dan kondisi secara nasional soal pernikahan dini ini terjadi dimana-mana, kalau di Jawa itu ada istilah wanita itu ada di kasur, dapur, dan sumursehingga faktor budaya itu juga bisa jadi penyebabnya.

"Tetapi yang penting itu sejauh mana kesadaran orangtua untuk mengayomi dan mempersiapkan anaknya karena untuk mempersiapkan generasi ke depan itu perlu peran orangtua yang bertanggungjawab menghindari hal-hal seperti itu, orangtua perlu mengawasi anak-anaknya," tukas Paidi.

(Bangkapos com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved