Kisruh di Laut Natuna, Susi Pudjiastuti Minta Pemerintah Jokowi Bertindak Tegas pada China

Mantan Menteri Kelautan Indonesia ini meminta pemerintah Jokowi perlu bersikap tegas pada China yang jelas-jelas melanggar kedaulatan Indonesia.

Kolase Tribun Jabar
SUSI Pudjiastuti 

Kisruh di Laut Natuna, Susi Pudjiastuti Minta Pemerintah Jokowi Bertindak Tegas pada China

BANGKAPOS.COM-- Di era Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, bersikap tegas terhadap para kapal-kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Bahkan Susi tak segan-segan menenggelamkan kapal ilegal fishing tersebut.

Kondisi ini kembali dia lontarkan menanggapi kisruh di Laut Natuna antara pemerintah Indonesia dan China.

Mantan Menteri Kelautan Indonesia ini meminta pemerintah Jokowi perlu bersikap tegas pada China yang jelas-jelas melanggar kedaulatan Indonesia.

Diketahui, kapal-kapal nelayan China yang dikawal coast guard mereka melakukan aktivitas ilegal di Natuna.

Pemerintah Beijing lewat Kementerian Luar Negeri bahkan mengklaim kalau kapal nelayan dan coast guard tak melanggar kedaulatan Indonesia.

Susi menyebut langkah diplomatis yang diambil pemerintah kurang tepat. Dikatakan Susi, hubungan baik Indonesia-China di bidang ekonomi, khususnya investasi, bukan alasan untuk bersikap tegas pada Beijing.

"Pisahkan dan bedakan Pencurian Ikan dengan Investasi!. Bedakan pencurian ikan dengan persahabatan antar negara," tegas Susi seperti dikutip Kompas.com dari akun twitter resminya, Sabtu (4/1/2020).

Menurut pemilik maskapai Susi Air ini, apa yang dilakukan China dengan sengaja melindungi aktivitas penangkapan kapal nelayan mereka di Natuna jelas melanggar kedaulatan Indonesia.

Dalam hubungan bilateral Indonesia-China, lanjut Susi, perlu ada pemisahan tegas dengan pelanggaran kedaulatan.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved