Berita Belitung

Ketinggian Gelombang di Belitung Capai 2,5 Meter, Begini Aktivitas Pelayaran dan Bongkar Muat Kapal

Cuaca memang terlihat extrim pada hari Sabtu (4/1/2020) dan Minggu (5/1/2020) dengan ketinggian gelombang 2 sampai 2,5 meter.

Ketinggian Gelombang di Belitung Capai 2,5 Meter, Begini Aktivitas Pelayaran dan Bongkar Muat Kapal
Istimewa Dokumen KSOP Tanjungpandan
Aktivitas kapal Express Bahari di Pelabuhan Tanjungpandan 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Petugas keselamatan berlayar penjagaan dan patroli Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP ) Tanjungpandan Harsyah Fadli mengatakan aktivitas keberangkatan dan bongkar muat kapal di Pelabuhan Tanjungpandan masih berjalan normal.

Berdasarkan hasil pantauan perkiraan cuaca disitus Badan Materelogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca memang terlihat ekstrem pada hari Sabtu (4/1/2020) dan Minggu (5/1/2020) dengan ketinggian gelombang 2 sampai 2,5 meter.

Terkait masalah ini pihaknya sudah memberikan info ke nahkoda dan pengguna jasa pelayaran agar berhati-hati.

Kalau memang cuaca tidak memungkinkan dan membahayakan keselamatan pelayaran, KSOP akan mengeluarkan surat untuk menunda keberangkatan kapal hingga cuaca baik.

"Alhamdulilah sampai saat ini masih berjalan normal dan lancar, walaupun demikian cuaca agak ektrem. Selain itu juga belum ada himbauan langsung dari BMKG tentang bahaya keberangkatan kapal," kata Harsyah Fadli, Minggu (5/1/2020).

Ia mengungkapkan pada prinsip berlayar kapal pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG.

Tentang aktivitas bongkar muat kapal di Pelabuhan Tanjungpandan masih berjalan lancar. Akan tetapi sempat ada kendala melihat cuaca hujan yang mengguyur kabupaten belitung beberapa hari ini.

"Kendala bongkar muat cuma barang-barang tertentu seperti semen dan beberapa barang sembako. Karena barang ini apabila terkena hujan tidak bisa dipakai lagi," ujar Fadli.

Kepala UPT Badan Meteorologi BMKG Buluh Tumbang Tanjungpandan Carles mengatakan memasuki awal Januari 2020, wilayah Belitung mengalami musim peralihan.

Namun, memasuki musim peralihan justru cuaca ekstrem sering terjadi seperti angin kencang, hujan tiba-tiba disertai petir.

Halaman
12
Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved